Peresensi adalah Mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Temanggung

Di era sekarang ini perkembangan gedget semakin merajalela. Bentuk gedget yang semakin menarik serta sugguhan aplikasinya yang beragam memudahkan setiap orang untuk mengakses beberapa informasi dari segala aspek kehidupan. Perkembangan gedget membuat setiap orang tua berpikir “instan” dalam mendidik anaknya. Sehingga dimasa sekarang, bukan hal yang aneh lagi apabila ada orang tua yang menyediakan fasilitas berupa gedget untuk ananya yang masih berusia dini atau masih dalam usia emas (golden age). (hlm. 280).

Di masa usia emas ini banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh para orang tua dan pemimbing di taman belajar untuk terus meningkatkan kreativitas anak usia dini akan terus berkembang dan lebih baik agar siap dalam perkembangannya di masa-masa berikutnya. Generasi penerus bangsa harus dididik lebih baik sejak dini karena pendidikan sangatlah berpengaruh besar dalam kehidupnya. Pengenalan budaya tradisional seperti permainan tradisional seringkali hanya didapatkan di sekolah saja, itu juga tidak terlalu luas dan mendalam. Munculnya alternatif permainan baru pada anak, khusunya permainan gedget pada anak akibat pertumbuhan teknologi yang semakin menarik dan canggih. (hlm.282).

Penggunaan gadget pada anak usia dini bisanya dipakai untuk bermain game dari total keseluruhn pemakaian. Sedangkan yang cukup banyak juga dari kalangan anak usia dini adalah memakai gedget untuk menonton animasi atau serial kartun anak-anak. Seharusnya gedet dapat digunakan sebaik mungkin agar anak dapat memaksimalkan teknologi tersebut sebagai sarana belajar dalam media pembelajaran yang mengasyikan, dan dapat melatih kreativitas anak, Namun disisi lain penggunaan gedget yang secara terus-menerus hingga kencanduan gedget memberikan pengaruh buruk untuk perkembangan psikologis anak usia dini. (hlm. 286)

Pemaparan dari buku problematika anak SD/MI yang betemakan Kecandun Gadget Pada Anak MI/SD dan Solusinnya adalah untuk mengetahui dampak dari penggunaan gadget pada anak usia dini, Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran dan pengetahuan lebih dalam penggunaaan gedget pada anak usia dini dengan pengawasan orang tua dan juga menambah ilmu pengetahuan. Dari hasi penelitian dapat diperoleh : 1). Terlihat pada anak usia dini menggunakan gadget pada kegiatan tertentu, 2). Bentuk penggunaan gedget pada anak usia dini, 3). Sebagain besar anak usia dini menggunakan gedget hanya untuk bermain game dan menonton film animasi, 4). Pengawasan dari orang tua yang terkesan kurang memperhatikan anaknya dalam menggunakan gadget dan tidak  khawatir adanya dampak yang akan ditimbulkan dari penggunaan gadget secara terus-menerus. Orang tua seharusnya lebih berhati-hati dalam mengawasi kegiatan anaknya dalam menggunakan gadget untuk meminimalisir sisi negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gedget. (hlm. 287-288)

Kekurangan dan kritik
Pembahasan dalam tema tersebut terlalu bertele-tela dan panjang lebar tidak langsung menuju pokok bahasanya sehingga pembaca merasa kesulitan untuk memahami isinya, terdapat kata-kata bahkan kalimat yang sulit untuk dipahami. Belum adanya solusi dari penggunaan gedget untuk anak usia dini hanya baru ada pengenalan, pencegahan dan pembatasan gedget pada pembahasanya, kurangnya penguatan materi dalam isi bukunya serta belum ada kesimpulan dari kesuruhan pembahasan tersebut.

Kelebihan dan Saran
Isi dalam buku tersebut sudah bagus dan menarik, pertama sudah ada pengantar dari  pembahasa yang akan diulas, kemudian pengenalan gedget kepada anak bahwa gedget merupakan alat elektronik yang mempunyai banyak fungsi dan memilikki sisi positif jikalau pintar dan bijak dalam penggunaanya dan tahu kapan waktu yang tepat untuk mengenalkanya kepada anak. Namun, sebaliknya gedget juga memiliki dampak negatif jikalau penggunaan gedget tidak sesuai kebutuhanya. Disisi lain juga disampaikan pencegahan dan pembatasan penggunan gadget untuk anak usia dini. Dari  hal tersebut perang orang tua sangatlah panting karena masyarakat yang sangat dekat dengan anak-anak adalah mereka sebagai orang tua, yang beruntung mendapatkan pengetahuan ini sehingga mereka mampu memantau penggunan gedget pada anaknya untuk mendukung penggunaan internet dengan aman antara lain : 1). Membatasi waktu anak menggunakan internet, 2). Memonitor dan mengawasi anak dalam mengunjungi aplikasi, situs, profil pada jejaring sosial, 3). Berbicara dan membantu anak mengenal hal yang harus dilakukan di internet dan memberi tahu baik  burunya menggunakan internet, 4). Mendampingi anak dalam menggunakan internet, 5). Menguatkann fondasi keimanan anak dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Biodata buku
Judul: Problematika Anak MI/SD dan Solusinya
Nama Penulis: Tim PGMI STAINU Temanggung
Nama Editor: Hamidulloh Ibda, M.Pd
ISBN: 978-602-50566-5-9
Penerbit: Forum Muda Cendekia (Formaci)
Tahun terbit: 2019
Cetakan: 1, Januari 2019
Tebal: 21 x 14 cm, xviii + 396 Halaman
Bagikan :

Tambahkan Komentar