Blimbing, TABAYUNA.com - Ta'mir Masjid Desa Blimbing, Kecamatan Kandangan, Temanggung siap percepat gerakan. Hal itu terungkap pada Rabu, 24 April 2019 dalam kegiatan mahasiswa-mahasiswa KKN STAINU Temanggung di Desa Blimbing bekerjasama dengan Jajaran Desa Blimbing yanv mengadakan pembekalan Ta'mir Masjid sebagai pemantapan organisasi keagamaan.

Acara yang dihadiri oleh kepala Desa Blimbing dan Jajaran Perangkat Desa Blimbing, Pengurus Ta'mir Masjid Desa Blimbing, serta peserta KKN STAINU Temanggung yang diisi oleh KH. Thowaf,M.Ag.

Pembekalan yang dibuka dengan penjelasan menurut bahasa dan istilah Masjid sampai pada tugas Ta'mir Masjid secara terperinci. Acara yang dimulai jam 13.30 dengan bacaan Ummul kitab, dilanjutkan dengan sambutan perwakilan KKN STAINU Temanggung oleh Usman Ahmad "Semoga dengan pembekalan ini, mampu memberikan manfaat yang mendalam" katanya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala Desa Suyoto. Pihaknya menjelaskan takmir masjid menjadi hal pokok dan utama dalam menjalankan program keagamaan yang ada di desa maka menjadi penting adanya pembekalan.

Sedangkan KH. Thowaf,M.Ag. menjelaskan banyaknya masjid yang di temanggung mencapai 1400 masjid NU.
"Secara bahasa masjid adalah tempat masjid. Secara istilah tempat ibadah bagi umat Islam yg digunakan untuk pelaksanaan sholat (wajib/sunnah). Adapun tipologi masjid yaitu masjid negara, masjid raya, masjid agung, masjid besar, masjid jami', masjid bersejarah, dan masjid tempat publik." jelas KH. Thowaf Pengurus LTMNU Kab. Temanggung.

"Memakmurkan masjid NU adalah harga mati, menjaga aset milik mu berupa masjid, menjaga tanah wakaf milik dan untuk NU, menjaga aqidah umat NU, dan menjaga masjid dari penguasaan golongan lain diluar NU. Fungsi masjid yaitu tempat ibadah, pemeliharaan aqidah, tempat dakwah, tempat berdoa, tempat pendidikan, pemberdayaan dan pelayanan sosial. Program LTMNU Temanggung Pembinaan ta'mir masjid, pendataan dan penegakan tempat ibadah dll.
Struktur dan tugasnya serta kebutuhan ta'mir masjid" tambahnya.

Acara berjalan dengan lancar yang ditutup dengan doa yang dihadiri mabasiswa, perangkat desa, takmur masjid dan warga setempat. (Tb55/Dama).
Bagikan :

Tambahkan Komentar