Ilustrasi Merdeka.com

Oleh Dwi Nur Laeli

Di minggu pertama Ramadhan, tentu masih sering merasa lemas, apalagi pada jam jelang berbuka, yaitu antara setelah waktu Asar hingga menjelang Magrib. Wajar saja, karena memang di hari-hari pertama tersebut tubuh masih menyesuaikan pola makan yang berbeda dari biasanya. Kalau sudah begitu, bawaannya menjadi ngantuk. 

Enaknya dibuat tidur saja terus, supaya bangun tidur sudah buka puasa. Walaupun, tidur dianjurkan saat berpuasa dan bisa memperoleh pahala, tapi jangan dijadikan kebiasaan. Daripada tiduran terus selama sebulan, mending lakukan kegiatan-kegiatan ringan yang lebih bermanfaat, selagi menunggu azan Magrib berkumandang. Misalnya, seperti mengerjakan 6 kegiatan berikut. Dijamin, waktu ngabuburitmu jadi lebih berfaedah.

Olahraga ringan
Banyak orang berpendapat, saat sedang berpuasa pantang untuk melakukan olahraga. Karena bisa menyebabkan badan lemas dan mudah haus. Maka takutnya akan menyebabkan puasa menjadi batal, karena keinginan untuk minum yang sangat kuat. Sebenarnya tidak juga. Sah-sah saja kamu melakukan olahraga saat berpuasa, asalkan dengan porsi yang tepat dan gak begitu menguras tenaga. Baiknya, lakukan olahraga yang ringan-ringan seperti jalan-jalan di treadmill, atau keliling komplek satu kali putaran. Kerjakan itu di saat jelang buka puasa. Misalnya pada jam 4 atau 5 sore. Supaya setelah olahraga kamu tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk minum dan mengisi kembali cairan tubuh yang hilang tadi.

Memasak
Walaupun sedang puasa, tidak ada salahnya juga bantu-bantu ibu di dapur. Memasak tidak akan membuat puasnya batal, selama tidak mencicipi masakannya. Mengolah makanan menjelang jam berbuka juga akan membantumu menghabiskan waktu. Tapi awas hati-hati tergoda, karena banyak makanan enak tersaji di depan mata, malah bikin kamu makin lapar dan tidak sabar buat mencicipinya.

Jualan takjil
Saat Ramadhan, banyak peluang bisnis musiman yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah dengan menjual takjil, alias makanan / minuman manis yang biasa diburu orang untuk menu pembatal puasa nanti. Tak perlu repot-repot tempat, kamu bisa membuka lapak di depan rumah. Bikin takjil yang sekiranya paling laris dicari orang. Contohnya, kolak pisang, biji salak, es buah, / makanan ringan seperti kroket dan risol mayo. Lumayan kan, bisa nambah uang jajan.

Ikut workshop
Kala bulan Ramadhan, biasanya banyak digelar aneka workshop. Sebut saja, workshop tentang industri kreatif, kerajinan tangan, menulis dan sebagainya. Kamu tinggal pilih sesuai minat dan bidang yang ingin dipelajari. Dengan mengikuti workshop atau kelas kreatif, kamu bisa menambah teman, kolega bahkan mendapat inspirasi untuk mulai membuka usaha. Worth it banget, kan.

Window shopping
Lagi puasa, ditambah cuaca sedang panas-panasnya, paling enak memang ngadem di mall, iya kan. Tapi kalau ke mall, nanti ujung-ujungnya jadi lapar mata dan belanja. Tenang, tidak perlu harus keluar uang banyak buat shopping. Kamu  bisa tetap ngadem di mall, sembari melakukan window shopping, alias melihat-lihat saja dari satu toko ke toko yang lain. Tidak masalah, siapa tahukan ada barang bagus yang kamu cari. Tinggal lain hari, kalau uangnya sudah cukup nanti kembali lagi buat membawa pulang barang idaman tersebut. Sedikit saran, ketika akan berniat window shopping ke mall, bawa uang cash secukupnya, dan tinggalkan kartu kredit atau debit di rumah.

Maraton film
The last but no least, adalah maraton film. Siapa yang tidak suka nonton film, apalagi kalau kamu termasuk penggila drama Korea, tentu banyak waiting list judul-judul k-drama yang mengatri buat ditonton. Daripada bingung di rumah saja selama puasa, mending habiskan sore dengan bersantai sambil nonton film favorit di kamar. Dijamin waktu gak bakal kerasa, dan tahu-tahu sudah waktunya buka saja.

Dari keenam kegiatan ringan tersebut, mana yang paling menarik dilakukan saat ngabuburit besok?

Bagikan :

Tambahkan Komentar