Ilustrasi Aji
Temanggung, TABAYUNA.com - Ulama sepuh pendiri Pondok Pesantren Darul Muttaqin Bolong, Ngaditirto, Selopampang, Temanggung, KH. Kholil Asy'ari tutup usia pada Kamis (6/6/2019).

Pendiri sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Darul Muttaqin Bolong, Ngaditirto, Selopampang, ini meninggal pukul 03.30 WIB dinihari. Beliau sebelumnya sakit dan dirawat di RS Sardjito Yogyakarta dan disemayamkan di Temanggung hari ini.

Selain dikenal sebagai pendiri Ponpes Darul Muttaqien, Kiai Cholil Asy'ari juga merupakan Mustasyar PCNU Temanggung tahun 2009-2014. KH. Cholil Asy’ari mendirikan Ponpes Darul Muttaqien yang merupakan salah satu pesantren salaf tua yang berada di wilayah kabupaten Temanggung pada tahun 1965, yang berlokasi di dusun Bolong, Desa Ngaditirto, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung.

KH. Cholil Asy’ari Bolong Selopampang semasa hidupnya pernah nyantri di sejumlah pondok. Kiai Cholil merupakan teman mondok Kiai Raoyan Menggoro di Payaman Magelang yang diasuh oleh Simbah Kiai Siradj Payaman dan sekarang almarhum jasanya dikenang masyarakat karena menjadi pengasuh Pondok Pesantren Darul Muttaqien.

Pantauan di lapangan, ribuan jemaah mengangarkan jenazah beliau. Baik masyarakat umum, keluarga, dan santri, alumni Ponpes Darul Muttaqien serta warga NU Temanggung. (Tb55).
Bagikan :

Tambahkan Komentar