Judul: Pembinaan Keahlian Perawatan Jenazah bagi Mujahizah
Penerbit: CV. Pilar Nusantara
Pengarang: Hidayatun Ulfa, Sholeh Kurniandini
Editor: Sumarjoko
ISBN: 978-623-7590-02-6
Email: pilarnusapress@gmail.com
Cetakan: I, Oktober 2019
Tebal: 21 x 14 cm,  ix + 106  Halaman
Harga: Rp. 50.000 (Belum termasuk Ongkir)

Buku hasil dari pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Pembinaan Keahlian Perawatan Jenazah bagi Mujahizah di Wilayah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung” ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas mujahizah (perawat jenazah perempuan) di wilayah Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, khususnya dalam hal memandikan dan mengafani jenazah.

Metode yang diterapkan oleh pendamping adalah ABCD (Asset Based Community Development), di mana pelatihan perawatan jenazah dilakukan melalui langkah-langkah 1) Discovery (Menemukan), 2) Dream (Impian), 3) Design (Merancang), 4) Define (Menentukan), dan 5) Destiny (Lakukan). Pelaksanaan kegiatan pembinaan keahlian perawatan jenazah berupa FGD, pelatihan, pendampingan, monitoring dan evaluasi, dan ekspose hasil. Target pembinaan keahlian perawatan jenazah tersebut adalah mujahizah semakin membuka wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana memperlakuan orang menjelang sakaratul maut, memperlakukan orang yang yang sudah meninggal dunia, memandikan, mengafani, menyalati dan mengubur jenazah.

Sementara itu,  pendampingan dilakukan dengan memberikan dorongan dan motivasi agar mereka mampu mempraktikkan perawatan jenazah melalui video tutorial hingga praktik menghadapi jenazah yang sesungguhnya. Program pengabdian ini menginspirasi terbentuknya pendampingan perawatan jenazah melalui pendidikan perawatan jenazah, kerja sama Tim Pengabdian dengan Jurusan Syariah STAINU Temanggung, yang dinamai dengan sebutan Tadrisul Janazah.

Bagikan :

Tambahkan Komentar