Judul: Raut Wajah Ibuku Ada Doa : Kumpulan Puisi
Penerbit: CV. Pilar Nusantara
Pengarang: Santoso
Editor: Hamidulloh Ibda
ISBN: 978-623-7590-00-2
Cetakan: I, Oktober 2019
Tebal: 21 x 14 cm,  xii  + 84  Halaman
Email: pilarnusapress@gmail.com
Harga: Rp. 40.000 (Belum termasuk Ongkir)

Puisi merupakan karya sastra yang sarat dengan pesan moral kepada para pembaca. Dengan membaca puisi, pembaca dapat memelajari segala isi dan pesan yang disampaikan dalam karya puisi. Untuk mengetahui pesan moral dalam puisi, pembaca tidak serta merta langsung mengerti apa yang terkandung di dalamnya. Pembaca membutuhkan kecermatan untuk mengetahui isi puisi. Dengan memasuki ke dalam baid, baris, kata, dan persajakannya semakin terlihat keindahan pesan moral yang disampaikan dalam karya puisi tersebut.

Untuk mendukung pendidikan karakter yang sekarang ini sedang dikembangkan, rasanya puisi sangat cocok sebagai bahan pembelajaran. Sastra merupakan produk karya yang mengajarkan kepada para pembaca untuk saling menghargai, mengapresiasi, menikmati sebuah karya. Produk karya sastra biasanya sarat dengan pesan moral, budaya, dan keteladanan. Dengan bercermin pendapat seperti itu, pembelajaran puisi di sekolah seyogyanya wajib diajarkan kepada seluruh siswa.

Semakin banyak memahami puisi, siswa diharapkan akan meneladani dan mengapresiasi hal-hal yang bersifat bijak dan halus budi. Dengan banyak membaca puisi, siswa akan jauh dari sifat arogan, tindak kekerasan, jail, dan tindakan yang brutal baik yang berbentuk fisik maupun berbentuk psikis.
Buku antologi puisi “Raut Wajah Ibuku Ada Doa” ini merupakan buah pemikiran penulis untuk menghargai jerih payah seorang ibu kepada anaknya yang tak ada batasnya.

Kumpulan puisi ini telah digunakan oleh guru di 3 sekolah yakni SD Tawang Mas 01, Tawang Mas 02, dan Terang Bangsa. Sebagai materi pembelajaran buku ini sangat cocok untuk materi ajar dalam pembelajaran bahasa Indonesi khususnya, dan mata pelajaran lainnya pada umumnya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar