Judul: Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi
Penyunting: Hayat dan H. Suratman
Editor    : Asfira Fajar Humairoh
Penulis : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penerbit: Penerbit Baskara Media
Tahun Terbit : Cetakan Pertama, Juli 2018
Jumlah Halaman : xii + 382 halaman
Nomor Editan    : 978-602-50306-7-3
Peresensi: Sandy Zakaria, Mahasiswa Universitas Islam Malang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia berkembang melalui proses yang cukup panjang. Pada awalnya ideologi tersebut bersumber dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yaitu dalam adat-istiadat, serta dalam agama-agama bangsa Indonesia sebagai pandangan hidup bangsa yang telah diyakini kebenaranya kemudian diangkat oleh bangsa Indonesia sebagai dasar filsafat dasar negara atau ideologi dasar negara.

Ideologi pancasila mendasarkan pada hakikat sifat kodrat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Ideologi Pancasila berperan dalam mengakomodir seluruh aktivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, demikian pula halnya dalam aktivitas ilmiah. Ideologi Pancasila ini memiliki nilai-nilai yang mumpuni dan dapat menyesuaikan arus perkembangan zaman di era globalisasi sekarang ini.

Pengamalan nilai-nilai pancasila yang baik akan memperkukuh tumbuh kembangnya masyarakat berkarakter dan berjiwa nasionalisme. Sehingga masyarakat di Indonesia akan terjamin kehidupanya lebih hikmat dan damai, atas dasar jiwa nasionalisme yang tinggi.

Buku Pendidikan Pancasila ini mewakili 11 bab yang tersusun didalamnya yakni : Pancasila dalam lintas sejarah, pengertian pancasila dan perkembanganya, pancasila sebagai ideologi negara, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai etika politik, hubungan agama dan pancasila, pancasila sebagai paradigm kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara, nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, UUD Negara Republik Indonesia, sistem pemerintahan, dan pancasila sebaggai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Buku ini mengajarkan tentang pendidikan Pancasila yang perlu diajarkan di perguruan tinggi sebagai bagian dari motivasi dan support untuk meningkatkan nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat akademik. Disamping itu, buku ini juga dapat menjadikan benteng dalam pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai yang termaktub dalam sila-sila Pancasila. Oleh karena itu, pendidikan Pancasila harus tetap di jaga kemurnian nilai-nilainya serta perlu untuk kita dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kelebihan dari buku ini yaitu penyampaian informasi, isi, dan makna yang terkandung didalamnya sangat akurat dan tertuju pada pembacanya dari setiap bab yang termuat di dalam buku. Maka dari itu dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara kita harus selalu menghimpun amalan nilai-nilai pancasila.

Di samping itu buku ini juga mudah untuk dipahami dan cocok bagi kalangan mahasiswa karena dalam buku ini terdapat pula sumberdaya dibagian bawah buku, yang membantu kita dalam hal kosakata atau makna istilah yang belum dimengerti

Kekurangan buku ini yaitu dari segi gaya bahasa yang terlalu rumit yang terkadang membuat bingung ketika membacanya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar