Judul Buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Penulis : M. Taufik, S.H., M.H., Dian Isnaeni, S.H., M.H., Dr, Mayiyadi, S.H., M.H., Prof.Dr.Drs. Yakub Cikusin, S.H., M.Si., Dr.Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbahul Munir, M.H., H. Umar said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum.,  Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.,
Penerbit : Baskara Media
Tahun Terbit : 2018
Jumlah Halaman : Xii + 382 halaman
Oleh Rizky Novia Rahmadany

Fakultas Keguruan Jurusan Bahasa Inggris Universitas Islam Malang


Buku ini merupakan buku pengetahuan dan pendidikan yang menjelaskan tentang pengertian Pancasila secara detail dan menyeluruh.yang sudah terbagi menjadi 11 bab yaitu : Pancasila dalam lintasan sejarah, Pengertian pancasila dan perkembangannya, Pancasila sebagai ideologi Negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik, Hubungan Agama dan Pancasila, Pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, Nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia, Sistem pemerintahan, Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Buku ini akan sangat membantu kita memahami tentang Pancasila, karena buku ini menyuguhkan teori Pancasila dalam berbagai aspek dan juga disertai nilai –nilai agama yang terkait dengan dasar-dasar Pancasila. 

Ide yang ada pada buku ini merupakan suatu pengalaman dan penelitian penulis. Yang di dasari pada semakin rendahnya kesadaran generasi bangsa akan pentingnya pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan, maka pendidikan pancasila harus di sampaikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini mampu mmberikan suatu hal yang positif  bagi seluruh elemen masyarakat dan mampu memberikan langkah konkrit kepada dosen pengampu mata kuliah Pancasila.

Buku ini  sangat cocok dibaca oleh semua kalangan, terutama bagi pemuda pemudi di Indonesia saat ini, Karena dengan membaca buku ini akan menumbuhkan rasa nasionalis dan mengetahui pentingnya penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kekurangan dan Kelebihan buku
Kekurangan pada buku ini yakni ada beberapa kosakata yang terlalu baku sehingga sulit untuk di mengerti dan menyebabkan pesan tidak tersampaikan dengan baik.

Kelebihan pada buku ini sendiri adalah penjabaran yang sangat rinci, tidak bertele-tele dan akurat  


Bagikan :

Tambahkan Komentar