Judul Buku : Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi
Penulis : M.Taufik.S.H.,M.H,dkk
Cetakan : Pertama Juli, 2018
Tebal Buku : XII + 382
Ukuran : 13×32
ISBN : 978-602-50306-7-3

Buku "Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi" ini sangat baik digunakan dalam konteks belajar kewarganegaraan di perguruan tinggi. Didalamnya diajarkan Pancasila baik dari dasar, pengertian,tujuan, fungsi dan penerapannya.

Buku ini juga  mengulas tentang Pancasila baik itu secara penggunaannya, sejarahnya dan tujuannya dan dapat kita temui dalam bab yang memiliki bahasa tertentu: 1) Pancasila dalam lintasan sejarah baik dari masa kerajaan,masa penjajahan,masa kebangkitan Nasional hingga masa Pasca Kemerdekaan. 2) pengertian Pancasila dan pengembangannya baik dari pengertian Pancasila,sejarah istilah Pancasila, pengertian Pancasila menurut para ahli serta perumusan dan pengesahan Pancasila. 3) Pancasila sebagai ideologi negara dan perbandingan ideologi. 4) Pancasila sebagai sistem filsafat baik dari pengertian dan landasan filsafat, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai nilai dasar fundamental bagi bangsa bernegara. 5) Pancasila sebagai etika politik, tinjauan umum tentang nilai,norma dan moral. 6) Hubungan agama dan Pancasila baik dari sejarah,dinamika dan hubungan agama dan Pancasila. 7) Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. 8) nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. 9) undang-undang dasar negara republik Indonesia, hubungan Pancasila dan UUD 1945. 10) Sistem pemerintah, periodisasi sistem pemerintahan di Indonesia. 11) Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pandangan Islam terhadap nilai pengembangan IPTEK, sumber-sumber tentang Pancasila sebagai dasar negara pengembangan IPTEK.

Melalui pengajaran dan pembelajaran Pancasila di perguruan tinggi diharapkan mampu memberikan implikasi positif bagi kehidupan masyarakat yang lebih baik dengan meningkatkan pengalaman nilai-nilai Pancasila yang baik memperkokoh tumbuh kembangnya masyarakat yang berkarakter.

KELEBIHAN BUKU INI: buku ini mampu menjelaskan secara rinci tujuan Pancasila, pengertian Pancasila, dan fungsi Pancasila. Sampul buku ini juga sangat bagus.
 KEKURANGAN BUKU INI: buku ini terdapat kata kata yang sulit untuk dimengerti bagi pemula belajar Pancasila.


Peresensi Sri Kartika dari Universitas Islam Malang
Bagikan :

Tambahkan Komentar