TABAYUNA.com - Buku ini berjudul "PENDIDIKAN PANCASILA" memiliki 11 bab yang membahas mengenai pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa indonesia khususnya peran dari tokoh-tokoh ulama, kedudukan dan fungsi Pancasila, Pancasila sebagai ideologi Negara, Pancasila sebagai system filsafat, Pancasila sebagai etika politik, nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, hubungan agama dan Pancasila. Kemudian membahas pula mengenai hubungan Pancasila dengan UUD 1945, serta system pemerintahan di Indonesia. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahan materi yang diajar disusun dalam rangka untuk memperkuat wahana pendidikan karakter Bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mampu mengantarkan mahasiswa bersikap adiptif, kompetitif, dan menjadi lulusan yang cinta tanah air, siap bela negara, serta mampu meningkatkan jati diri bangsa.

Krisis moral dan identitas kita sebagai bangsa dan negara semakin kuat tantanganya. Arus globalisasi memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan warga negara dalam berbangsa dan bernegara. Dilema pengamalan nilai-nilai pancasila juga banyak yang tidak sesuai kondisi dan situasinya. Semakin rendahnya kesadaran generasi bangsa akan pentingnya pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan. Dikalangan pelajar dan mahasiswa, minimnya pengalaman nilai-nilai pancasila menjadi cikal bakal merabaknya aliran-aliran ekstreamisme yang berakibat pada tindakan-tindakan radikal yang dibungkus dengan aktivitas ilmiah untuk memporak perandakan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karna itu, pendidikan pancasila perlu diajarkan di perguruan tinggi sebagai bagian dari motivasi dan support untuk meningkatkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat akademik dan menjadi kunci dalam pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai yang termaktub sila-silq dalam pancasila.

Judul buku : Pendidikan Pancasila Untuk perguruan Tinggi
Penulis : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H,. M.H., Dr. Mayiyadi,. S.H,. M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penyunting : Hayat (Dosen FIA Unisma) dan H. Suratman (Dekan Fakultas Hukum Unisma)
Diterbitkan oleh : Penerbit Baskara Media, 
Aditya Media Group
Tahun terbit : 2018
Cetakan : Pertama, Juli 2018
Tebal Buku : xii + 382 halaman
Peresensi Adib Faizi (Mahasiswa Unisma)
Bagikan :

Tambahkan Komentar