Judul Buku :Pendidikan Pancasila
Penulis    :M taufik SH MH, Diyan Isnaeni  SH MH dkk
Penyunting  :Hayat dan H Suratman
Cetakan   : 1
Tahun Terbit : 2018
Jumlah Halaman: 382 Halaman
Peresensi  : Rifky  Yoga Hubbi Maulana
NPM   :21901073045

BAB 1
Pancasila Dalam Lintasan Sejarah
Masa Kerajaan

1.Kerajaan Kutai
Di Indonesia pada sekitar 400 m,masyarakat kutai membuka zaman sejarah Indonesia pertama kalinya ini menampilkan nilai nilai social politik,dan ketuhanan dalam bentuk kerajaan,kenduri,serta sdekah kepada para brahmana. Dalam zaman kuno (400-1500 M) terdapat dua kerajaan yang berhasil mencapi integrasi dengan wilayah yang meliputi hamper separoh willayah Indonesia,yaitu kerajaan sriwijaya di Sumatra dan kerajaan majapahit yang berpusat di jawa.

2. Zaman sriwijaya
Negara kebangsaan Indonesia terbentuk melalui tiga tahap yaitu: pertama,dibawah wangsa syailendra (600-1400),yang bercirikan kedatuan. Kedua,di zaman majapahit,(1293-1525) yang bercirikan keprabuan.kemudian yang ketiga yaitu,Negara kebangsaan modern yaitu Negara Indonesia merdeka ( sekarang Negara proklamasi 17 agustus 1945).
Cita Cita tentang kebersamaan bersama dalam suatu Negara telah tercermin pada kerajaan sriwijaya tersebut, yaitu berbunyi ‘Mavuat Vanua, criwijaya siddhayatra subhika’ (suatu cita cita yang adil dan makmur.

3.Kerajaan Majapahit
Pada tahun 1293 bedirilah kerajaan majapahit yang mencapai zaman keemasanya pada pemerintahan raja Hayam Wuruk dengan majapahit gajah mada yang di bantu oleh pahlawan Laksamana Nala dalam memimpin armadanya untuk menguasai nusantara.

Warisan dari gajah mada termasuk kodifikasi hokum dalam kebudayaan jawa.Dan juga kerajaan majapahit menjulang dalam arena sejararah kebangsaan Indonesia dan banyak meninggalkan nilai nilai yang di angkat dalam nasionalisme Negara kebangsaan Indonesia 17 agustus 1945.

B. Masa Penjajah
Bangsa asing masuk ke Indonesia pada awalnya dengan cara berdagang adalah orang orang bangsa  portugis.Namun lama kelamaan bangsa portugis mulai menunjukkan peranannya dalam bidang perdagangan yang meningkat menjadi praktek penjajahan.

Dan setelah itu disusul oleh belanda dengan menempuh jalan yang penuh kesulitan. Dan setelah itu belanda mendirikansuatu perkumpulan dagang yang bernama VOC (Verenigde Oost Indische compagnie) atau istilah kompeni.

Dan belanda dengan keras memperkuat dan mengintensifkan kekuasaan di seluruh Indonesia.Akan tetapi melihat praktek praktek penjajahan belanda tersebut,maka meledaklah perlawanan rakyat di berbagai wilayah nusantara.Namun sekali lagi karena tidak adanya kesatuan dan persatuan diantara mereka dalam perlawanan melawan penjajah,Maka perlawanan tersebut senantiasa kandas dan menimbulkan banyak korban.

2. Penjajahan jepang
Fasis jepang masuk ke Indonesia dengan propaganda “Jepang pemimpin asia,Jepang saudara tua bangsa Indonesia “akan tetapi perang melawan sekutu barat yaitu (Amerika,Inggris,Rusia,Prancis,Belanda dan sekutu lainnya) nampaknya jepang semakin terdesak.Oleh karena itu agar mendapat dukungan dari bangsa Indonesia,maka pemerintah jepang menjaanjikan Indonesia merdeka di kelak kemudian hari.

Dan pada tanggal 29 april jepang memberikan hadiah ulang tahun kepada Indonesia yaitu berupa “Kemerdekaan tanpa syarat” janji itu disampaikan kepada Indonesia seminggu sebelum bangsa jepang menyerah.Dalam janji kemerdekaan ini Indonesia diperkenankan untuk memperjuangkan kemerdekaannya.Untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari bangsa Indonesia maka sebagai realisasi janji tersebut, terbentuklah suatu badan yang bertugas untuk menyelidiki usaha usaha kemerdekaan Indonesia yaitu (BPUFKI) yang di ketuai oleh Dr. K. R. T. Radjiman widiodiningrat.

C .Masa Kebangkitan Nasional
Kebangkitan nasional adalah masa dimana bangkitnya rasa dan semangat Persatuan ,Kesatuan ,dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkn kemerdekaan Republik Indonesia,yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan belanda dan jepang.Masa ini di tandai dengan dua peristiwa yang penting yaitu Boedi Oetomo  (20 mei 1908) dan ikrar sumpah pemuda (28 oktober 1928) .Masa ini merupakan salah satu dampak etis politik yang mulai di perjuangkan sejak masa Multatuli.Tokoh tokoh yang mempelopori Kebangkitann Nasional ,antara lain yaitu:
1.Sutomo
2.Ir. Soekarno
3.Dr. Tjipto Mangun kusomo
4.Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD :Suwardi Suryaningrat , sejak 1922 Menjadi Ki  hajar            Dewantara)
5.dr.Douwes Dekker , dan lain lain.

Terbentuknya Kesadaran Nasional nasionalisme atau kesadaran nasioonal di definisikan sebagai kesadaran Keanggotaan suatu bangsa yang secara bersama sama mencapai, mempertahankan ,mengisi kekuatan bangsa itu.Kesadaran nasional pertama kali setelah Budi Otomo dan penderitaan rakyat Indonesia yang di jajaah oleh penjajah.

D. Masa Pasca Kemerdekaan
Setelah  proklamasi ,indonesuia belum sepenuhnya dikatakan merdeka.karna Indonesia harus berbenah diri,mulai dari pemerintahan dan di Daerah daerah.Hari hari seteah proklamasi pemetintahpun mulai di bangun.     Presiden dan wakil presiden mulai di angkat UUD mulai di tetapkan,struktur pemerintahan dan stuktur militer mulai di susun dan di tetapkan.Akan tetapi setelah proklamasi ternyata bangsa Indonesia masih menghadapi kekuatan sekutu yang berupaya untuk menanam kan kembalikekuasaan belanda di Indonesia yaitu pemaksaan untuk mengakui pemerintah NICA (Netherlands Indies CivilAdministration).

Masa orde lama
Masaa dimana kondisi pada politik dan keamanan salam negri sedang dipenuhi oleh berbagai kekacauan dan kondisi social budaya yang berada dalam masa peralihan dari masyarakat terjajah (beraturan).

Masa Orde Baru
Di pemerintahan orde baru berkhendak untuk melaksanakan pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen sebagai kritik terhadap orde lama yang telah menyimpang dari pancasila.Dilihat dari konteks zaman ,upaya tenang pancasila,diliputi oleh paradigm yang esensinya adalah bagaimana menegakkan stabilitas guna mendukung rehabilitasi dan pembangunan ekonomi.Dan pada awalnya memang memberi angina segar dalam pengalaman pancasila,namun beberapa tahun kemudian kebijakan kebijakn yang di keluarkan ternyta tidak sesuai dengan jiwa pancasila.Walhasil pancasila selama orde baru di arahkan menjadi ideology yang hanya menguntungkan satu golongan, yaitu loyalitas tunggal pada pemerintah dan atas nama persatuan dan kesatuan,ahirnya hak hak demokrasi di kekang.

Masa Reformasi
Dalam konteks kausalitas, gerakan reformasi trjadi akibat dari adanya sebab berupa implementasi GBHN 1998 pada pembangunan jangka panjang II pelita ke-7 sehingga bangsa Indonesia mengalami bangsa hebat , yaitu krisis ekonomi Asia terutama Asia tenggara,sehingga menyebabkan stabilitas politik menjadi goyah. Orde reformasi yang sudah berjalan 17 tahun lebih telah memiliki 5 presiden . Namun berrbagai perkembangan phenomena kehidupan ekonomi, politik , social, budaya, etsinitas masih jauh dari cita ideal nilai nilai pancasila sebagai ideology dan dasar Negara yang sesungguhnya.



BAB II
Pengertian Pancasila dan Perkembangannya           
Perkembangan Pancasila Dan Perkembangannya
Pancasila adalah landasan dari segala keputusan dan menjadi ideology tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa.pancasila di pahami berdasarkan paradigm yang berkembang pada situasi dunia yang diliputi oleh tajamya konflik ideology ,seperti yang terjadi pada masa orde lama. Pada orde baru,pancasila diliputi oleh paradigm yang esensinya adalah sebagaimana menegakkan stabilitas guna mendukung rehabilitas dan pembangunan ekonomi Indonesia

BAB III
Pancasila Sebagai ideology Negara
Pengertian tentang ideology scara umum dapat dikatakan sebagai kumpulan gagasan gagasan ,ide ide,kepercayaan kepercayaan,yang menyeluruh dan sistematis ,yang menyangkut bidang politik,social, kebudayaan, dan keagamaan. Nilai nilai pancasila berasal dari nilai nilai pandangan hidup bangsa yang telah diyakini kebenarannya kemudian diangkat oleh bangsa Indonesia sebagai dasar filsafat Negara dan kemudian ideology bangsa dan Negara.

BAB IV
Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
Adalah suatu kesatuan yang saling berhubungan untuk satu tujuan tertentu ,dan saling berkualifikasi yang tidak terpisahkan satu dengn yang lainnya . Jadi pancasila pada dasarnya satu bagian atau unit unit yang saling berkaitan satu sama lain ,dan memiliki fungsi serta tugas masing-masing.



BAB V
Pancasila Sebagai Etika Politik
Pancasila secara normative dapat di jadikan sebagai satu acuan atas tindakan baik, dan secara filosifis dapat di jadikan persfektif kajian atau nilai dan norma yang berkembang dalam masyarakat. Sebagai suatu nilai yang terpisah satu sama lain, nilai tersebut bersipat universal,dapat ditemukn di manapun dan kapanpun . Pancasila tidak hanya merupakan sumber derivasi peraturan perundang undangan ,melainkan juga merupakan sumber moralitas terutama dalam hubungan dengan legitimasi dalam kekuasaan,hokum serta berbagai kebijakan dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan Negara.

BAB VI
Hubungan Agama Dan Pancasila
Agama merupakan realitas yang berada di sekeliling manusian.Agama juga di yakini tidak hanya berbicara tentang ritual semata melainkan juga berbicara tentang nilai nilai yang harus di konkretkan dalam kehidupan social . Dalam kehidupan bermasyarakat ,berbangsa,dan bernegara , Indonesia dan pancasila telah memberikan guidance soal relasi agama dan Negara.

BAB VII
Pancasila Sebagai Paradigma Kehidupan Dalam Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara
Secara umum, paradigma merupakan sebuah pola piker.Hal ini berkaitan dengan pancasila sebagai suatu paradigm untuk membangun kehidupan bangsa Indonesia secara seimbang baik yang bersifat jasmaniah maupun lahiriahnya. Hal ini di perlukan guna menciptakan cita cita nasional yaitu menuju masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Umtk mencapai hal ini maka pancasila harus menjadi dasar utuk membangun kehidupan bangsa Indonesia.


BAB VIII
Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat Berbangsa Dan Bernegara
Nilai atau value adalah suatu sifat atau kualitas yang melekat pada suatu objek.Asal mula nilai nilai pancasila sebagai dasar Negara republik Indonesia adalah berasal dari perkembangan dan pengalaman hidup bangsa Indonesia dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara, dimulai sejak berdirinya bangsa Indonesia hingga sejak saat ini. Pancasila yang tediri dari lima sila merupakan asas-asas atau nilai-nilai moral bangsa Indonesia untuk di laksanakan dalam kehidupan sehari hari dan dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara.

BAB IX
Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Pembukaan UUD 1945 memenuhi syarat unsur mutlak sebagai fundamental.Oleh karena itu,kedudukan pembukaan UUD 1945 merupakan peraturan hukum yang tertinggi di atas batang tubuh yang berisi pasal pasal dalam UUD 1945. Pancasila merupakan asas asas kerohanian dari pembukaan UUD 1945 sebagai norma fundamental Negara .Pokok Pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 terjelma dalam pasal pasal UUD 1945.

BAB X
Sistem Pemerintahan
Pemerintahan merupakan bagian dari pungsi politik dalam ketatanegaraan.Indonesia adalah Negara kesatuan berbentuk republik , dengan memakai system demokrasi ,dimana kedaulatan berada di tangan rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Indonesia menganut system pemerintahan presidensial, dimana presiden berkedudukan sebagai kepala Negara.

BAB XI
Pancasila Sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi
Karena pengembangan ilmu dan teknologi hasilnya selalu barmuara pada kehidupan manusia maka perlu mempertimbangkan strategi yan tepat,baik dan benar agar pengembangan ilmu dan teknologi memberi manfaat kesejahteraan manusia.Peran pancasila sebagai pardigma pengembangan ilmu harus sampai pada penyadaran ,bahwa fanatsme kaidah kenetralan keilmuan hanyalah akan menjebak diri seseorang pada masalah masalah yang tidak dapat diatasi dengan semata mata berpegangan pada kaidah kaidah ilmu itu sendiri,khususnya mencangkup pertimbagan eti,religious,dan nilai budaya yang bersifat mutlak bagi kehidupan manusia yang berbudaya.
Bagikan :

Tambahkan Komentar