Judul Buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Penulis : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto. S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
Penerbit : Baskara Media
Cetakan : Pertama, Juli 2018
Tebal Buku: xii + 382 halaman
ISBN: 978-602-50306-7-3

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita tidak bisa lepas dari hokum dan norma yang berlaku di kehidupan bermanyarakat. Sebagaimana pancasila sebagai dasar Negara dan UUD 1945 sebagai dasar hokum tertinggi di Indonesia. Tanpa adanya kedua pedoman tersebut, maka Indonesia akan terbengkalai dan perpecahan akan terjadi dimana-mana karena tidak adanya acuan untuk dijadikan pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara. Tidak hanya itu, agama juga memiliki peran yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup berangsa dan bernegara karena di dalamnya tidak hanya mencakup masalah ritual tetapi juga mengatur seluruh aspek kehidupan manusia sebagai satu kesatuan.


Buku ini merupakan buku tentang Pendidikan Pancasila yang dikhususkan untuk perguruan tinggi yang terdiri atas 11 bab yaitu : Pancasila dalam lintasan sejarah, pengertian pancasila dan perkembangannya, pancasila sebagai ideologi negara, pancasila sebagai system filsafat, pancasila sebagai etika politik, hubungan agama dan pancasila, pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara, nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, UUD Negara Republik Indonesia, system pemerintahan, dan pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Melalui buku tersebut, kita bisa lebih mudah untuk mempelajari dan memahami tentang pancasila. Di dalam buku tersebut juga disertakan beberapa kutipan ayat dari Al-Quran yang terkait dengan dasar-dasar pancasila, sehingga memiliki daya tarik tersendiri ketika membacanya. Buku tersebut cocok dibaca oleh semua kalangan, terutama untuk pemuda-pemudi di Indonesia saat ini. Setelah membaca buku tersebut, diharapkan agar  pemuda-pemudi akan tergerak untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada buku tersebut dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kekurangan dalam buku tersebut yaitu banyaknya salah ketikan kata (tipografi), adanya beberapa gagasan dari sumberlain yang serupa, dan adanya kata-kata sulit yang kurang dimengerti oleh pembaca yang masih pemula, sehingga isi tersebut kurang tersampaikan dengan baik. Selain itu buku tersebut juga memiliki kelebihan yaitu memberikan informasi atau pelajaran yang sangat detail dan terperinci mengenai setiap bab yang terdapat dalam buku, terdapat beberapa kutipan ayat dari Al-Quran yang terkait dengan dasar-dasar pancasila, dan memberikan motivasi untuk semua orang untuk mempelajari dan mengamalkan pancasila pada kehidupan sehari-hari.

Saran dari saya yaitu penulis seharusnya lebih detail dalam menata susunan kata atau huruf (tipografi) dalam buku tersebut, lebih menggunakan istilah atau kata yang mudah dipahami untuk pembaca yang masih pemula, sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh penulis tersampaikan dengan baik dalam buku pendidikan pancasila tersebut.


-Peresensi Yosy Melinda  mahasiswi program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Malang.
Bagikan :

Tambahkan Komentar