Judul Buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Penulis : Hayat, S.AP., M.Si., dkk
Penyunting : Hayat, H. Suratman
Penerbit: Baskara Media
Cetakan : Pertama, Juli 2018
Harga    : Rp 42.000
Jumlah Halaman  : xii + 382 halaman

Buku Pendidikan Pancasila ini adalah salah satu buku yang dikemas Baskara Media secara simple dan ringkas. Buku ini berisi bermacam aspek yang berhubungan dengan Pancasila dan Pancasila itu sendiri. Buku ini terutama ditujukan pada mahasiswa maupun orang yang ingin lebih jauh mendalami Pancasila maupun segala aspek dalam ruang lingkup Pancasila.

Buku ini memang sepatutnya dimiliki oleh pelaku-pelaku pendidikan baik itu guru atau dosen, siswa atau mahasiswa, agar generasi sekarang dan generasi penerus tahu betapa pentingnya Pancasila dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu, kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi sarana belajar masayarakat Indonesia agar dapat lebih mengenal ideologi mereka, yaitu Pancasila

Isi dari buku ini juga cocok dengan pendidikan zaman sekarang, salah satu yang sangat cocok dalam buku ini adalah penjelasan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Di buku ini dijelaskan bahwa iptek (Ilmu pengetahuan dan tekhnologi) itu tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang dikandung Pancasila malahan nilai-nilai pancasila itu sangat berperan penting dalam pengembangan iptek. Tidak hanya iptek saja yang disinggung dalam buku ini, hal-hal seperti nilai-nilai Pancasila, pengertian Pancasila, hubungan-hubungan Pancasila, bahkan sampai lintasan sejarah Pancasila.

Dalam buku ini penulis dan timnya menggali sejarah-sejarah pancasia, mulai dari saat zaman kerajaan sampai zaman proklamasi ada dalam buku ini. Buku ini juga menyinggung tentang perkembangan Pancasila, hubungannya dengan agama-agama yang ada, dan lain-lain yang menyangkut tentang Pancasila

Buku ini dibandingkan dengan buku yang lain juga sudah cukup bersaing dalam hal isi dari buku tersebut. Buku pendidikan pancasila ini lebih fokus merangkum segala macam aspek yang berhubungan dengan Pancasila menjadi satu buku yang ringkas.

Kelebihan Buku
Cover buku yang menarik. Ukuran buku yang stardart (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil). Kedalaman isi buku sudah cukup dalam penyampaian materi pada setiap pembahasan yang ada. Penulis juga menyisipkan beberapa ayat Al-Quran yang isinya sesuai dengan topik pembahasan dibeberapa bagian dibuku ini.

Kekurangan Buku
Penggunaan bahasa dari buku ini yang lumayan sukar untuk dipahami. Kurangnya gambar atau sarana lain yang dapat mendukung penjelasan. Ada berapa kesalahan penulisan dibeberapa kalimat dalam buku ini yang seharunya tidak perlu ada.

Peresensi : M. ALVA NUR HABIBI (UNISMA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Bahasa Inggris)

Bagikan :

Tambahkan Komentar