Judul Buku      : PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI
Penulis             : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto. S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.Ap., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penyunting      : Hayat dan H. Suratman
Penerbit           : Baskara Media
Cetakan           : Pertama, Juli 2018
Tebal Buku      : xii + 382 halaman
ISBN               : 978-602-50306-7-3


Buku PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK PERGURUAN TINGGI sangat memudahkan mahasiswa untuk memahami tentang pancasila dan tak hanya menyuguhkan tentang pendidikan pancasila saja akan tetapi disertai nilai-nilai agama yang terkait dengan dasar-dasar Pancasila.  

Semakin rendahnya kesadaran generasi bangsa dan anak-anak muda zaman sekarang akan pentingnya pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan, maka pendidikan pancasila harus disampaikan dengan benar dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.


Dari buku ini kita dapat mengetahui bagaimana pancasila dalam lintas sejarah pada zaman kerjaan sampai saat ini. Dan pada saat ini semakin rendahnya kesadaran masyarakat terutama di kalangan pelajar atau mahasiswa. Oleh karena itu, kita harus mengajarkan bagaimana sikap kita terhadap pancasila dan dapat mengubah akan kesadaran atau pola pikir dalam masyarakat. Karena Pancasila merupakan pedoman untuk kita hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Maka pengaruh pancasila sangat lah penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Adapun yang dibahas mengenai Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengethauan dan teknologi (IPTEK) yang dimana pada saat ini mencapai kemajuan yang sangat pesat sehingga manusia mengalami perubahan yang sangat luar biasa. Dengan seiring berjalannya waktu kita tidak bisa terlepas dengan iptek. Pada gilirannya iptek bersentuhan dengan nilai-nilai budaya dan agama. Sehingga disatu pihak dibutuhkan semangat objektivitas, agar tidak merugikan semua umat manusia.

Maka dari itu kita juga harus mengetahui nilai-nilai apa saja yang harus diperhatikan dalam pengembangan iptek. Pancasila sendiri sebagai dasar nilai dalam strategi perkembangan iptek memiliki konsep dan beberapa alasan mengapa diperlukannya pancasila sebagai dasar nilai perkembangan iptek. Selain itu, di buku juga dibahas bagaimana  Pandangan Islam terhadap nilai pengembangan iptek saat ini. Agama islam memberikan penegasan mengenai ilmu pengetahuan baik secara nyata maupun secara tersamar, seperti yang disebut pada Q.S. Al-Mujadalah (11).

Dalam pandangan islam, IPTEK juga digambarkan sebagai cara mengubah suatu sumber daya menjadi sumber daya lain yang lebih tinggi nilainya. Al-Qur’an telah mendorong manusia utuk berteknologi supaya kehidupan mereka meningkat. Akan tetapi jangan sampai kita salah menggunakan kemajuan iptek saat ini menjadi negatif. Dalam hal ini islam sangat erat sekali dengan iptek. Namun umat muslim sangat rendah dalam bidang iptek, sehingga ketinggalan perkembangan dengan oorang-orang non muslim. Semoga dengan ini umat Islam sadar dan mau mengembangkan pengethauannya dengan berbagai hal, sehingga menjadi umat yang berkualitas penuh ketaqwaan dan pengethauan yang tinggi.

Nilai-nilai pancasila sendiri bersumber dari norma-norma agama atau hukum yang berlaku. Dan bagaimana sudut pandang pancasila saat ini dengan disertai dalil-dalil Al-Qur’an yang mendukung. Buku ini tidak hanya ditujukan kepada pelajar ataupun mahasiswa saja akan tetapi kepada masyarakat luas dengan tujuan supaya masyarakat dapat mengamalkan apa saja nilai yang terkandung dalam buku ini ke dalam kehidupan sehari-hari untuk bersosisalisasi dan saling menghormati kepada siapapun sesuai dengan pancasila.



-Persensi Asfira Fajar Humairoh, Perguruan Tinggi : Universitas Islam Malang Fakultas : Ilmu Adiministrasi

Bagikan :

Tambahkan Komentar