Identitas Buku
Judul buku    : Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi
Penulis  : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs.Yakub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiarto, S.H., M.S., Dr. H. Abdur Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
Penerbit    : Baskara Media
Cetakan  : Pertama, Juli 2018
Tebal Buku  : xii + 382 halaman
Ukuran   : 15 x 23 cm
ISBN  : 978-602-50306-7-3


Pancasila adalah dasar falsafah Negara Indonesia. Pancasila terdiri dari dua bahasa Sansekerta yaitu “panca” yang artinya lima dan “sila” yang artinya prinsip atau asas. Pendidikan pancasila menjadi alat yang bertujuan membentuk sikap dan perilaku positif bangsa terutama generasi muda sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pendidikan pancasila perlu diajarkan di perguruan tinggi sebagai bagian dari motivasi dan pendorong generasi muda untuk meningkatkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat akademik dan menjadi kunci dalam pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. 

Minimnya pengamalan nilai-nlai pancasila menjadi sumber menyebarnya aliran-aliran negatif yang berakibat pada tindakan-tindakan radikal yang memporak porandakan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu pendidikan pancasila sangatlah penting bagi generasi muda bangsa untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.
Buku “Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi” ini berisi pengetahuan tentang pancasila . 

Buku ini terbagi menjadi 11 bab yaitu, Bab 1 Pancasila Dalam Lintasan Sejarah, Bab 2 Pengertian Pancasila dan Perkembangannya, Bab 3 Pancasila sebagai Ideologi Negara, Bab 4 Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Bab 5 Pancasila sebagai Etika Politik, Bab 6 Hubungan Agama dan Pancasila, Bab 7 Pancasila sebagai Paradigma Kehidupan dalam Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara, Bab 8 Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Bab 9 UUD Negara Republik Indonesia, Bab 10 Sistem Pemerintahan, dan yang terakhir Bab 11 Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Buku ini menjelaskan tentang Pancasila dari segi sejarah perjuangan bangsa Indonesia (pada masa kerajaan, masa penjajahan, masa kebangkitan nasional, dan masa pasca kemerdekaan), kedudukan dan fungsi pancasila, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, hubungan pancasila dan agama, sistem pemerintahan di Indonesia. Di dalam buku ini juga menerangkan pancasila sebagai paradigma di segala bidang (politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan).

Kelebihan
Buku ini memiliki sampul yang berwarna cerah. Kertas yang digunakan berkualitas. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti dan penjelasan yang terperinci. Buku ini juga menyajikan penjelasan dengan kutipan Al-Quran dan kitab suci lainnya.

Kekurangan
Dalam buku ini banyak terdapat penulisan kata dan ejaan yang salah, sehingga pembaca sulit memahami, dan adanya pengulangan materi pada bab. Selain itu juga terdapat judul bab yang tidak sesuai dengan halaman dan pengulangan judul sub bab pada daftar isi.

Buku “Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi” ini baik untuk dibaca dan digunakan untuk pembelajaran di perguruan tinggi karena kelebihan yang dimilikinya. Buku ini juga mengulas tentang Pancasila secara luas, sehingga pembaca bisa mengenal pancasila lebih mendalam. Dan dari kekurangan yang telah disebutkan di atas, diharapkan penulis maupun penyunting dapat memperbaiki buku ini menjadi lebih berkualitas.

Peresensi : Reza Maghfiroh (Universitas Islam Malang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris)

Bagikan :

Tambahkan Komentar