Wonosobo, TABAYUNA.com - MI Ma'arif Kejiwan merupakan salah satu MI Ma'arif di Kabupaten Wonosobo yang menjadi pilot projec dari MI yang lainnya.

Program-program yang sudah diterapkan menjadi inspirasi bagi MI yang lain di Kabupaten Wonosobo.

MI Ma'arif Kejiwan mengutamakan penanaman karakter pada anak yaitu sebelum pembelajaran semua siswa melaksanakan shalat dhuha berjamaah yang dipimpin oleh salah satu guru.

Setelah itu untuk kelas 1,2 dan 3 anak-anak mengaji dengan ustadz dan ustadzah dengan menggunakan metode qiroati sedangkan untuk kelas 4,5 dan 6 lebih fokus pada hafalan juz amma. Sebelum memasuki kelas selalu dikumandangkan shalawat nariyah sebelum anak-anak melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Selain itu pembiasaan salam dan jabat tangan juga sudah diterapkan di MI Ma'arif Kejiwan. Dan setiap hari Jumat rutin melaksankan tahlil bersama yg diikuti semua siswa dan guru MI Ma'arif Kejiwan.

Tak lupa pula setiap akhir pekan diadakan acara ziarah kubur ke makam-makam para pendiri MI Ma'arif Kejiwan dan para sesepuh Desa Kejiwan.

Yang lebih menonjol pada penanaman karakter anak, setiap Hari Raya Idul Fitri baik itu siswa maupun alumni MI Ma'arif Kejiwan masih rutin berkunjung bersilaturahmi ke rumah semua guru, hal tersebut yang membuat kedekatan tidak hanya sebatas antara guru dan siswa tapi juga terjalinnya persaudaraan yang tidak pernah tetputus. (Tb55/HI/Yulia Eko Nugraheni).
Bagikan :

Tambahkan Komentar