Wonosobo, TABAYUNA.com - Bertempat di SMP Almadina Wonosobo, Tim Gerakan Literasi Ma'arif memberikan pendidikan dan pelatihan literasi yang diikuti oleh guru dan anggota IPNU di wilayah Ma'arif Jateng.

Adapun kegiatan yang dilakukan setelah pembukaan adalah materi dari pembicara, yaitu pada 27-28 Desember 2019.

Menurut Junaidi Abdul Munif sebagai pembicara yang pertama, "kita dapat melakukan tabayun dalam menyaring informasi yang kita dapatkan."

Menyaring informasi yang kita dapatkan sangatlah penting agar kita tidak termakan berita hoax. Sangat berbahaya apabila kita terjerat berita hoax karena selain kita salah informasi, kita juga dapat menjadi sumber informasi yang tidak tepat. Kenapa demikian? Karena kita terbiasa menyebarkan berita yang kita dapat di grup whatsapp dan media lainnya.

Dalam melakukan tabayun kita dapat mencari informasi pada narasumber yang bersangkutan ataupun mencari sumber berita lain yang berimbang. Menurut Junaidi, berita yang berimbang merupakan berita yang tidak memihak pada salah satu pihak.

Dengan demikian tabayun sangat penting saat mendapatkan suatu berita agar kita tidak terjerat pada berita hoax yang menyesatkan. (tb44/Yuliani Puspita Dewi)
Bagikan :

Tambahkan Komentar