Suasana pelatihan
Wonosobo, TABAYUNA.com - Pada Rabu 29 Januari 2020, puluhan guru yang tergabung dalam forum Kegiatan Kolektif Guru (KKG) MI se Kecamatan Wonosobo dan Watumalang mengikuti kegiatan literasi tentang penulisan artikel populer.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di MI Ma'arif Kejiwan dengan menghadirkan narasumber dosen STAINU Temanggung sekaligus Koordinator Gerakan Literasi Ma'arif (GLM) LP Ma'arif PWNU Jawa Tengah Hamidulloh Ibda.

Sementara itu Ketua KKG Catur Rochman berharap untuk guru-guru yang berada di forum KKG yang dipimpinnya miliki kemampuan literasi yang baik terutama dalam hal membaca dan menulis. Hal itu ia ungkapan karena masih rendahnya minat guru untuk membaca sementara program literasi membaca banyak digalakkan di berbagai madrasah.

Catur juga mengungkapkan dengan menulis akan mendapatkan poin yang nanti dapat digunakan oleh guru itu sendiri dalam kenaikan angka kredit.

Dalam kegiatan tersebut guru diberikan beberapa teori tentang menulis yang selanjutnya diikuti dengan praktik langsung penulisan artikel populer.

Ibda selaku narasumber mengapresiasi kegiatan KKG tersebut dan berharap guru memiliki semangat untuk menulis. Untuk selanjutnya hasil artikel guru akan berusaha diterbitkan untuk menjadi sebuah buku dan berharap KKG MI Kecamatan Wonosobo dan Watumalang menjadi pelopor diterbitkan buku dari KKG.

Usai pemaparan materi, semua peserta diajak praktik menulis dan akan dikumpulkan menjadi sebuah buku bunga rampai. "Semua hasil karya artikel populer ini, seminggu lagi akan kami kumpulkan dan edit, dan akan kami terbitkan menjadi sebuah buku bunga rampai," kata Ibda. (Tb55/Catur R).
Bagikan :

Tambahkan Komentar