Oleh : Reza Maghfiroh
Universitaas Islam Malang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Seperti yang kita ketahui, Pancasila adalah ideologi dasar bagi Negara Indonesia. Pancasila merupakan pandangan hidup seluruh warga Indonesia. Seluruh warga Negara Indonesia menjadikan pancasila sebagai dasar sistem kenegaraan. Pancasila sebagai ideologi Negara bermakna menjadikan pancasila sebagai cita-cita atau visi Negara.

Sebagai ideologi Negara, pancasila memiliki beberapa fungsi. Yang pertama, pancasila berperan untuk memlihara dan mengembangkan identitas bangsa Indonesia. 

Kedua, pancasila berperan sebagai sarana pemersatu masyarakat dan juga betindak sebagai pemelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Ketiga, pancasila sebagai ideologi Negara juga sebagai kontrol sosial. Keempat, berfungsi untuk mengarahkan dan memotivasi bangsa untuk  mencapai cita-citanya.

Namun, generasi muda Indonesia saat ini banyak yang terjerumus pada arus globalisasi. Seiring berkembangnya teknologi, maka semakin mudah pula generasi muda mengenal budaya luar. 

Generasi muda saat ini banyak yang telah melupakaan budaya dan adat istiadat dan mereka beralih pada budaya luar. Seperti contohnya, gotong royong. Saat ini budaya gotong royong telah memudar dan mereka lebih menjadi individual.

Oleh karena itu, pengamalan fungsi pancasila sebagai ideologi perlu ditanamkan pada generasi muda. Pengamalan ini bisa melalui pendidikan pancasila di sekolah maupun di tingkat perguruan tinggi. Penguatan pancasila sebagai ideologi perlu ditegakkan, karena pancasila menjadi tolak ukungkat perguruan tinggi. Penguatan pancasila sebagai ideologi perlu ditegakkan, karena pancasila menjadi tolak ukur sejauh mana Negara kita telah mencapai cita-citanya.
Bagikan :

Tambahkan Komentar