Oleh: Alfa Roby Maulana
Mahasiswa Semester Satu, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang

Di zaman sekarang, nilai-nilai pancasila dapat diakatakan menurun, karena kebanyakan masyarakat terutama para remaja yang banyak menggunakan budaya kebarat baratan dari pada nilai-nilai pancasila. Misal dari cara berpakaian, banyak para remaja yang meniru gaya orang barat dan meniru selebritis yang cenderung kebudaya barat.

Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan atau menutup aurat. Padahal, cara berpakaian tersebut jelas jelas tidak sesuai dengan kebudayaan kita. Tak ketinggalan gaya rambut mereka di cat beraneka warna. Sehingga banyak remaja yang bekarakter seperti orang barat, misalnya melalaikan kewajiban untuk beribadah setiap waktunya, kurang menghargai orang tua, juga membiasakan diri dengan hal-hal yang terlarang semacam narkoba, seks bebas, dan lain-lain. Sebenarnya itu semua tidak ada gunanya dan tidak menguntungkan untuk kita, melainkan hanya merugikan diri sendiri.

Pancasila sebagai dasar dan ideology negara merupakan kesepakatan politik ketika Negara Indonesia didirikan hingga sekarang di era globalisasi. Negara Indonesia tetap berpegang teguh terhadap Pancasila sebagai dasar Negara. Sebagai dasar Negara tentulah pancasila harus menjadi pacuan Negara dalam menghadapi tantangan global dunia yang terus berkembang.

Di era globalisasi ini peran pancasila tentulah sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa Indonesia. Karena dengan adanya, globalisasi, batasan-batasan diantara Negara seakan-akan tak terlihat, sehingga berbagai kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah kedalam masyarakat. 

Hal inidapat memberikan dampak positif dan negative terhadap bangsa Indonesia. Jika kita dapat memfilter dengan baik berbagai hal yang berasal dari luar etika, maka kita tidak akan terpengaruh dengan itu. Tapi jika kita tidak bisa memfilter dengan baik maka hal-hal negative dari dampak globalisasi dapat merusak moral bangsa dan eksistensi kebudayaan Indonesia.

Perkembangan teknologi yang saat ini berkembang sangat pesat dalam masyarakat adalah teknologi informasi. Hampir semua orang sependapat bahwa teknologi dapat merubah kehidupan umat manusia dengan menjanjikan cara kerja dan cara hidup yang lebih efektif, lebih bermanfaat dan lebih kreatif. Sebagaimana dua sisi,baik atua buruk, teknologi informasi juga memiliki hal yang demikian.

Sebagian teknologi, kedua sisi tersebut keberadaannya sangat tergantung pada pemakainya. Melihat kenyataan dalam masyarakat, sebenarnya bukan pancasila yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi melainkan masyarakat itu sendiri. Memberi pengaruh baik atau buruk terhadap pancasila tergantung bagaimana masyarakat sebagai penganut ideology pancasila menyikapi perkembangan terknologi informasi tersebut.

Maka dari itu kita sebagai rakyat Indonesia harus mengakui bahwa pancasila adalah ideology Negara dan tidak menyalah gunakan informasi yang kita dapat. Seperti halnya hoax, kita harus menghindari kata itu, karena itu dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Seharusnya sikap kita tidak menyimpang dari nilai-nilai pancasila yang sudah ada. Jadikan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.
Bagikan :

Tambahkan Komentar