Wonosobo, TABAYUNA.com - Di hari ke -3 , hari terakhir kemenag EXPO ke-74  di Wonosobo  yang berlangsung dari tanggal 9 - 11 Januari 2020. Meskipun hari ketiga pengunjung juga masih banyak, apalagi sudah dapat bocoran ada penampilan sendratari dari MAN 1 Wonosobo, yang membuat penasaran.

Ada beberapa Sendratari yang ditampilkan salah satunya  Sendratari  yang berjudul Sangkuriang. Yang bertempat di gedung utama Sasana Adipura Wonosobo.

sendratari ini menceritakan di kahyangan Ada sepasang Dewa Dewi  yang berbuat kesalahan, oleh sang Hyang Tunggal diturunkan ke bumi dalam wujud hewan . Sang Dewi berubah menjadi babi hutan,diberi Nama celeng wayung  Hyang sedangkan Dewayne berubah menjadi anjing bernama  si Tumang.

Raja Sungging  tengah berburu dan membuang air kecil yang tertampung dalam keladi hutan, celeng Wayung Hyang yang merasa kehausan meminum air seni sang Raja Dan secara ajaib Hamil Dan melahirkan bayi  yang cantik diberi  nama  dayang  Sumbi.

Ia pun menjadi  gadis  jelita. Dan diapun mempunyai anak yang bernama sangkuriang yang juga  jatuh cinta  pada ibunya sendiri. Dia tidak  tahu kalo Dayang Sumbi itu ibunya, sejak kecil Sangkuriang Lari dari  rumah Dia dimarahi ibunya Karena telah membunuh anjing  si Tumang yang ternyata ayahnya sendiri serta merta dayang  sumbi Marah  Dan memukul Sang kuriang dengan  centhong  (sendok nasi).

Cerita rakyat yang berasal dari Jawa Barat ini dikenal dengan dongeng Tangkuban Perahu. Dalam sendratari tersebut  Penampilan  pemainnya begitu memukau dan luwes dengan properti yang bagus dan make up serta busana yang menarik sehingga menghidupkan suasana. banyak penonoton yang takjub.

Sebelum tampil para pemain  ini latihan selama kurang lebih satu bulan, pemain dari  siswa ataupun siswi MAN 1 Wonosobo. Mereka mendatangkan pelatih dari sanggar tari.

Dengan kegigihan dan semangat  pemain, pelatih serta dukungan dari guru dan berbagai pihak serta keluarga besar MAN 1 Wonosobo mereka tampil sangat bagus dan memukau luar biasa. (Tb55/Munadhiroh).
Bagikan :

Tambahkan Komentar