Oleh Fandi Pradana
Mahasiswa Stainu Temanggung

Apa itu corona ? corona adalah sebuah virus yang pertama kali muncul di daerah wuhan, China pada akhir tahun 2019 lalu. Pejabat pemerintahan china mengatakan mungkin penyebab munculnya virus corona dikarenakan dari hewan liar yang di jual di pasar makanan laut huanan (huwana seafod market) Yang terletak pada pusat kota wuhan, cina. Awal mula penderita virus  novel 201 corona virus (2019-nCoV) adalah seorang karyawan di pasar makamam tersebut. Direktur pusat pengendalian dan pencegahan penyakit cina Dr Gao Fu sebagaimana dilansir dari The Stralist Times, kamis (23/1/2020) mengatakan bahwa ‘ Pihak berwenang percaya virus itu kemungkinan berasal dari binatang buas di pasar makanan laut meskipun sumber pastinnya masih belum ditentukan’.
Media cina dan Vendor pasar makanan melaporkan, Pasar makanan laut huanan menjual berbagai jenis makanan unik. Mulai dari anak srigala, rubah hidup, buaya salamander raksasa, ular, tikus, burung merak, landak, daging unta hingga musang.

Menurut para peneliti, Virus corona kerap menginfeksi hewan, dan cepat atau lambat akan menginfeksi pada manusia. Virus corona agak mirip dengan SARS yang mewabah di seluruh penjuru dunia pada tahun 2002-2003 waktu itu. Virus SARS pertama muncul di China pada bulan November 2002. Pada bulan Juli 2003 ditemukan 8000 kasus virus ini dan 774 orang yang meninggal. Wabah ini telah menyebar ke negara lain di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa dan Asia.
Virus corona atau virus novel 201 corona virus (2019-nCoV) sekarang sudah merata ke penjuru dunia antara lain yaitu China, malaysia, singapura, mesir, korea selatan, uni emirat arab, australia, indonesia, dll. Menurut data dari coronavirus COVID-19 Global cases by the center for suystems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University. Jumat (13/3/2020) saat ini kasusnya sudah menembus 128.343. Menurut dari data gisanddata.maps.arcgis.com, Saat ini sudah ada 116 negara dan wilayah yang terjangkit Virus Corona. Termasuk dari china dan pasien dari kapal pesiar Diamond Princess. Bertambah dua dari sebelumnya. Sementara itu jumlah penderita yang dinyataan sembuh meningkat menurut data yang dikutip dari wordmeter pada hari jumat(13/3/2020) Pagi ada jumlah 70. 395 pasien yang  dinyatakan positif sembuh.

Pada hari kamis (13/3/2020), organisasi kesehatan Dunia (WHO) akhirnya menyatakan penyebaranvirus corona yang meluas sebagai pandemi global. Dilansir dari New York Times pada hari rabu (11/3/2020) Direktur Jendral WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan “ Virus corona telah menjadi pandemi. Kami telah menyembunyikan alarm dengan keras dan jelas”.
Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang mengganggu atau menyerang sistem pernapasan, Pneumonia akut, sampai kematian. Virus 2019 Novel CoronaVirus (2019-nCoV)yang lebih dikenal dengan nama Virus corona yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja seperti bayai, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, orang tua/lansia, maupun ibu menyusui.
Di Indonesia Negara yang tercinta sudah di serang oleh wabah virus corona, Dikonfirmasi  dari kementerian kesehatan (KEMENKES) wilayah yang terkena wabah virus corona hingga pagi ini (15/3/2020) yaitu : Jakarta, Provinsi DKI Jakarta, Tanggerang, Banten, Bandung, Jawa Barat, Solo Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Manado, Pontianak. Dan masih beberapa tempat lagi yang saat ini sedang dilakukan contac tracing

Oleh karena itu kita sebagai masyarakat indonesia marillah bersama-sama mencegah virus corona atau virus novel 201 corona virus (2019-nCoV) dengan cara sebagai berikut :

Mencuci tangan
Mencuci tangan adalah sebuah proses untuk membersihkan tangan dari kotoran yang menempel pada tangan. Mencuci tangan hendaknya dilakukan pada waktu mau makan, setelah membawa kotoran, setelah memegang barang kotor, mau membawa makanan,mau memeggang anak kecil, dll. Cara mencuci tangan dengan benar yaitu tangan di basuh dengan air kemudian dikasih sabun dan dilulurkan pada permukaan telapak, hingga pergelangan tangan, dan setelah tangan dicuci kemudian dikeringkan atau diusapkan pada tissue, kain yang bersih atau handuk.

Menjaga Daya tahan Tubuh
Daya tahan tubuh adalah sebuah faktor yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Daya tahan tubuh kuat dapat mencegah munculnya berbagai penyakit.Cara menjaga daya tahan tubuh yaitu dengan cara : Mengonsumsi makanan yang sehat dan yang halal, meminum atau mengonsumsi yang mengandung vitamin-B, Tidur secukupnya, Tidak hujan hujanan, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkhohol, dan rutin berolahragajuga bisameningkatkan daya tahan tubuh manusia agar terhindar dari penularan virus corona.

Menggunakan Masker
Masker ada 3 tipe: Masker bedah, masker N95, dan masker kecantikan. Tapi kalau buat mencegah virus corona gunakanlah masker N95 karena masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel-partikel yang berbahaya diudara. Masker ini kurang nyaman untuk untuk digunakan sehari-hari dan hargannya pun relatif mahal.

Menjauhkan kontak langsung dengan hewan buas
Hewan buas yang menyebabkan coronavirus ada, tapi hewan buasnya yang berasal dari mamalia dan reptil seperti yang sudah terkenal yaitu kelelawar. Oleh karena itu hindarilah supaya tidak tekena coronavirus. Kalau seandainnya tubuh mengalami tidak enak atau lagi demam, pilek, batuk, . segerakanlah periksa ke dokter setempat agar bisa terobati dengan cepat dan tepat.

Jangan bepergian ke negara yang bersangkutan
Negara yang mengalai virus corona janganlah kamu memasuki negara tersebut supaya anda tidak terjangkit virus atau wabahnya. Seperti kota wuhan yang berada di negara China.
Kita sebagai warga negara yang baik janganlah takut terhadap virus corona tetapi harus juga waspada . waspada dalam arti ini yaitu dengan cara mencuci tangan, menjaga daya tahan tubuh,menggunakan masker, menjauhkan kontak langsusng dengan hewan buas, jangan berpergian ke negara bersangkutan. karena itu semua adalah tindakan yang tepat supaya tidak terkena virus corona.

rata-rata yang takut corona karena takut sakit bahkan takut mati, ingat sakitnya kita matinnya kita ALLAH SWT yang ngatur kita sebagai hambannya cukup ikhtiar saja apa yang dokter katakan.
Bagikan :

Tambahkan Komentar