Judul: Edupreneurship: Menyiapkan Guru MI Berjiwa Entrepreneur
Penulis: Inayatul Ulya
Penerbit: CV. Pilar Nusantara
ISBN: 978-623-7590-43-9
Tahun Terbit: Pertama, 2020
Harga: Rp 50.000



Keterampilan menjadi nilai plus bagi lulusan Prodi PGMI karena dengan pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship) kompetensi lulusannya tidak hanya mampu terserap menjadi guru MI, tetapi diharapkan bias memperoleh penghidupan yang lebih baik dan lebih sejahtera. Karena untuk mencapai kesuksesan, pengetahuan akademis saja tidak cukup untuk menjadi bekal masa depan, tetapi juga harus ditunjang dengan  keterampilan kerja (work skill) untuk masa depan yang lebih sejahtera.

Beberapa hal yang telah direalisasikan di Prodi PGMI Institut Pesantren Mathali’ul Falah adalah mengintegrasikan kewirausahaan dalam kurikulum Prodi PGMI yang secara tekstual termaktub dalam misi, tujuan, strategi pencapaian, profil lulusan, elemen kompetensi penciri Prodi PGMI dan mata kuliah kewirausahaan dengan nama Edupreneurship I dan Edupreneurship II. Selain itu mahasiswa juga diikutsertakan dalam pelatihan kewirausahaan, dimagangkan dalam dunia industri dan praktek berwirausaha.

Out put integrasi kewirausahaan dalam kurikulum Prodi PGMI tersebut menunjukkan internalisasi karakter kewirausahaan dalam diri mahasiswa. Karakter kewirausahaan tersebut menyatu dalam pola fikir (mindset kewirausahaan) dan dipraktekkan dalam kehidupan nyata, nilai-nilai kewirausahaan yang dapat dipraktekkan mahasiswa Prodi PGMI diantaranya adalah kemandirian, kreatifitas dan inovasi, memiliki visi ke depan dan berani mengambil resiko. Indikatornya dapat terlihat pada banyaknya mahasiswa Prodi PGMI yang telah menjadi entrepreneur dengan berbagai macam jenis usaha dan beberapa yang telah terserap ke dunia kerja karena telah dibutuhkan oleh masyarakat, baik sebagai guru maupun tenaga kependidikan. Hal ini menunjukkan bahwa mindset kewirausahaan dan skill kewirausahaan sama-sama diperlukan untuk membentuk pribadi lulusan yang tahan banting, mampu bertahan dan terus berusaha baik menjadi guru MI ataupun menjadi pengusaha (entrepreneur).

Rasa terimakasih yang tak terhingga saya haturkan kepada berbagai pihak yang telah mendukung penelitian dan juga terbitnya buku ini. Kepada Bapak Rektor Institut Pesantren Mathali’ul Falah, Bapak Abdul Ghaffar Rozin, M. Ed yang telah banyak mensupport saya selama menjadi Kaprodi PGMI serta berkenan memberikan kata pengantar dalam buku ini. Ketua PD-PGMI Indonesia yang selalu memberi motivasi kepada saya selama mengelola Prodi PGMI. 

Teman-teman pengurus PD-PGMI Indonesia Rayon DIY dan Jateng yang selalu nyaman untuk bertukar fikiran dan banyak memberi masukan untuk pengembangan Prodi PGMI. Tim dari Ciputra Entrepreneurship Center (CEC) Jakarta dan juga sahabat dari Center of Entrepreneurship and Career Development Studies (CENDI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah memberikan banyak ilmu dan wawasan tentang kewirausahaan kepada saya. Sahabat-sahabat sesama dosen di Institut Pesantren Mathali’ul Falah yang selalu memberikan kehangatan persahabatan. Bapak ibu dosen dengan home base Prodi PGMI, terimakasih atas kerjasamanya dalam menyukseskan program-program terkait integrasi kewirausahaan di Prodi PGMI Institut Pesantren Mathali’ul Falah. Tiada kata yang dapat saya sampaikan kecuali jazaakumullah khairan katsiiraa. Semoga Allah membalas kebaikan semua pihak dengan balasan yang berlipat ganda, kesuksesan dan keberkahan semoga selalu menyertai semuanya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar