Semarang, TABAYUNA.com – Pada Kamis (22/10/2020) Pukul 09.00 WIB, Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2020 Mahasiswa KKN UIN Walisongo adakan lomba-lomba menarik.

Santri memang istimewa, tidak hanya diajarkan tentang ilmu agama juga pengetahuan serta penguatan nasionalisme yang tinggi. Dibuktikan dengan perjuangan-perjuangan para Kyai dan santri dalam melawan penjajahan di Nusantara.

Acara ini diselenggarakan di Masjid Nurul Huda oleh Kelompok KKN 62 yang mengabdi di dusun Tempel kelurahan Jatisari Mijen Semarang. Setidaknya ada empat cabang lomba yang dilaksanakan yang diikuti oleh enam RT di RW IV dari jenjang Taman Kanak-kanak sampai Sekolah Dasar, yaitu lomba Adzan, mewarnai kartun islami, hafalan surat-surat pendek, dan do'a-do'a harian.

Walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19 peserta sangat antusias dalam mengikuti berbagai lomba yang diadakan. Panitia juga mewajibkan para peserta untuk mengikuti protokol kesehatan era new normal seperti pemakaian hand sanitizer dan lainnya.

“Lomba-lombanya seru sekali kak, banyak teman. Jadi tidak sendirian di rumah terus.” Kata Adilla salah satu peserta lomba.

Eri Susilowati, selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa pentingnya memperingati Hari Santri adalah supaya bisa meneladani perilaku dan mengambil nilai-nilai kebaikan dan keberkahan, serta kreatifitas yang dimiliki oleh kaum Santri.

Hal serupa pernah dituturkan oleh Kyai Musthafa Bisri, menurut pandangan beliau bahwa “Santri bukan yang mondok saja tapi siapa pun yang berakhlak seperti santri, dialah santri.” (Tb44/Miftahul Ulum).

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar