Temanggung, TABAYUNA.com
- Dalam rangka untuk mengimplementasikan visi-misi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAINU Temanggung, Dosen Pengampu Mata Kuliah Teacherpreneurship Lanjutan melakukan koordinasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Temanggung pada Selasa (20/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Dosen PGMI STAINU Temanggung, Andrian Gandi Wijanarko, M.Pd menyampaikan capaian mata kuliah teacherpreneurship Lanjutan yang berupa produk teacherpreneurship. Menurutnya, “mahasiswa Prodi PGMI STAINU Temanggung sampai saat ini telah mengembangkan kreativitasnya dalam bidang usaha dengan menghasilkan benerapa produk usaha berupa pangan, barang dan jasa.” 

“Produk yang sangat beranekaragam dan memiliki keunikan tersebut akan lebih aman jika memiliki legalitas atas usaha dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT), Maka dari itu, diperlukan sinergi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Temanggung untuk membantu perizinan usaha mahasiswa secara terpadu.” Ujar pengurus LAKPESDAM PCNU Magelang.

Selanjutnya, pihaknya berkoordinasi dengan Ibu Kusuma Ari Susanti selaku seksi pelayanan dan verifikasi DPMPTSP Kabupaten Temanggung terkait dengan alur izin usaha dan SPP-PIRT produk usaha mahasiswa PGMI STAINU Temanggung. Pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan Prodi PGMI STAINU Temanggung dalam mengembangkan kegiatan wirausaha yang dilakukan mahasiswa sehingga kelak akan memperoleh beberapa manfaat setelah mendaftarakan legalitas usahanya.

Menurutnya “Setelah mendaftarkan izin usaha melalui OSS dan mengajukan permohonan Izin SPP PIRT, mahasiswa akan mendapatkan keuntungan diantaranya; memiliki legalitas atas usaha yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut, dapat meningkatkan nilai investasi daerah, dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat disekitar lingkungan kerja, karena pada zaman globalisasi ini, akan lebih susah untuk mendapatkan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta.” 

“Selain itu, dengan dimilikinya SPP PIRT, produk usaha dari mahasiswa PGMI STAINU Temanggung dapat diedarkan ke masyarakat luas, serta dapat menjamin keamanan pangan bagi konsumen ketika konsumen mengkonsumsi produk usaha tersebut.” ujarnya. (Tb33).

Bagikan :

Tambahkan Komentar