TABAYUNA.com
- Buku berjudul “Pergi Memancing di Hari Minggu” karya mahasiswa-mahasiswi Prodi PGMI STAINU Temanggung ini menjadi salah satu buku antologi cerpen yang menarik. Meskipun tipis, namun bagi saya ini menjadi bukti bahwa mahasiswa dapat merespon urgensi literasi di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. 

Cerpen-cerpen ini memang sederhana. Sekilas, kami membacanya, beberapa aspek sudah terpenuhi. Sebagaimana definisi umum, cerpen disebut sebagi sebuah karangan pendek yang berbentuk prosa. Dari beberapa aspeknya, cerpen-cerpen dalam buku ini perlu penekanan mendalam. Pertama, aspek tema, yaitu pokok pembicaraan yang mendasari cerita. Kedua, plot (alur), yaitu rangkaian peristiwa yang sambung-menyambung dalam sebuah cerita berdasarkan logika sebab-akibat. Ketiga, sudut pandang, yaitu posisi pengarang terhadap kisah yang diceritakannya.

Keempat, gaya bahasa, yaitu cara pengarang menggunakan bahasa untuk menghasilkan karya sastra. Kelima, amanat, yaitu ajaran yang ingin disampaikan pengarang. Keenam, penokohan (perwatakan), yaitu pemberian watak pada tokoh cerita. Mulai dari penokohan secara langsung, penokohan secara tidak langsung, setting (latar cerita) yang meliputi tempat, waktu, dan suasana atau kondisi.

Saya pribadi melihat, aspek-aspek secara teoretis di atas belum terpenuhi secara lengkap. Meskipun, secara substansi dalam karya di buku ini, mahasiswa sudah dapat mengelaborasi arah cerita yang disuguhkan. Pemilihan bahasa juga menjadi karakter dari masing-masing penulis. Terlepas dari itu, buku ini menjadi poin penting yang wajib dilestarikan khususnya dalam menyiapkan kompetensi literasi yang sangat dibutuhkan di era mendatang.

Sekali lagi, selamat atas terbitnya buku “Pergi Memancing di Hari Minggu” karya mahasiswa PGMI STAINU Temanggung ini. Saya ucapkan terima kasih kepada editor dan mahasiswa yang berhasil menerbitkan buku ini. Semoga bermanfaat.

 

BIODATA BUKU:

Judul: Pergi Memancing Di Hari Minggu: Antologi Cerpen Mahasiswa Pgmi Stainu Temanggung

Cetakan I, Juli 2020

Tebal dan Ukuran: xi + 55 halaman; 12 x 17,5 cm

Prakata Kaprodi PGMI STAINU Temanggung: Hamidulloh Ibda

Prolog Editor:  Farinka Nurrahmah Azizah, M.Pd.

Penulis: Daffa Salsabila, Idammatussilmi, Anifatul Latifah, Mieke Mustika Widiyastuti, Munawaroh, Yusma Ita

Editor: Farinka Nurrahmah Azizah, M.Pd.

ISBN: 978-623-7590-85-9

Penerbit: CV. Pilar Nusantara

Harga: Rp 30.000 (Belumg ongkir)

HP: 081225183113

Bagikan :

Tambahkan Komentar