Oleh Muhammad Zaenal Habibi

Mahasiswa PAI STAINU Temanggung

Islam sedang di aniaya, islam sedang di dzolimi terutama oleh Negara Prancis Kini telah tayang kembali karikatur tentang Nabi Muhammad , Publik, tentang karikatur Nabi Muhammad pada tahun 2005 sudah ditayangkan dipublik, sekarang ditayangkan lagi di tahun 2020  mengenai karikatur Nabi Muhammad yang di buat oleh “Charlie Hebdo” yang sudah tersebar di media social, dimana president prancis “Emmanuel Macron” menyetujui ditayangkannya  karikatur  tentang  Nabi Muhammad. Hal ini sangat kontroversi, dan ditolak oleh orang-orang muslim Sedunia, sampai-sampai  president Indonesia“Joko Widodo” juka mengecam keras kepada pernyataan presiden prancis,Youtube.  Bagaimana perasaan orang-orang muslim dunia? Orang-orang muslim sedunia jelas merasa tersakiti, terdzolimi, teraniaya oleh penghinaan seorang ‘Charlie Hebdo’ yang sengaja membuat karikatur Nabi Muhammad dan orang muslim marah besar. Apa yang dilakukan Orang-orang muslim diberbagai Negara? Youtube” Pemboikotan Produk-produk Prancis oleh Muslim Dunia diberbagai Negara akibatnya prancis mengalami kerugian yang sangat besar, Orang-orang Muslim dunia meminta kepada  President prancis untuk meminta maaf kepada orang-orang muslim dunia karena perbuatannya yang sangat menyakitkan muslim dunia, ini adalah bentuk kecaman orang-orang muslim terhadap  ‘Emmanuel Macron’ president prancis.

Wahai sadara-saudaraku muslim, apa kita rela Nabi Muhammad dianggap seperti  karikatur? Wahai saudaraku, tentunya kita kita akan pernah rela sampai hari kiamat, wahai saudaraku, kita harus marah dan benci terhadap perbuatan orang yang telah menghina Nabi Muhammad “ciptaan allah yang paling sempurna dibandingkan ciptaan yang lain,  didalam mengexpresikan kebencian terhadap orang yang telah menghina Nabi Muhammad  masing orang berdeda-beda, dan semua expresi itu semua benar, saya akan mengajak saudara, bagaimana expresi yang logis, tenang dan santai? Wahai saudaraku ! kita percaya kalau nabi Muhammad dapat digambar? Coba lihat lagi cerita tentang nabi ketika waktu kecil, ketika pergi kesyam bersama paman abu tholib, didalam ceritanya, bahwa nabi Muhammad ketika berjalan di bawah terik matahari nabi tidak ada bayangannya , ini adalah bukti bahwa nabi Muhammad tidak dapat digambar, hanya saja didalam kitabnya pendeta bakhiro, “kitab injil” dia mengatakan hanya ciri-cirinya saja yang dikatakan, bukan bentuk tubuhnya. Melihat karikatur tentang Nabi Muhammad ini jelas hal yang mustahil, bayanganpun tidak ada bagaimana menggambarnya “Ngaco Lho”  ingat saudaraku, kita tidak boleh percaya adanya karikatur nabi Muhammad, tetapi kita harus marah terhadap orang yang telah menghinanya  dengan cara merekayasa, mengada-ada membuat karikatur nabi Muhammad. Kita kembalikan semua ini kepada Allah, biar allah yang akan membalas semua penghinaan, penganiayaan  terhadap orang-orang  muslim.

Sekilas Tentang Islam

Islam adalah agama yang dibawa beliau nabi Muhammad, yang bertujuan untuk memberi petunjuk dan menyalamatkan manusia dari kesesatan, memang waktu itu  sudah lama dan sudah hilang ajaran-ajaran  Nabi-Nabi sebelum Nabi Muhammad, karena mementingkan egonya, ummat dahulu merubah tinggalan Nabi-nabi sebelumnya mereka berani merubah kitab sucinya, meyelewengkan dari ajarannya, sampai pada zaman jahiliah, dimana zaman ini ini sudah buta dari yang namanya kebenaran yang hakiki, perbuatan dosa mereka anggap suatu kebenaran bagi mereka, zaman yang sudah menyimpang dari ajaran nabi-nabi sebelumnya, kebathilan seolah-olah sudah menjadi gaya hidup mereka. Dengan keadaan yang seperti inilah kemudian Allah mengutus lagi nabi yang terakhir Nabi Muhammad, dalam perjalanan Nabi dalam Menyebarkan agama Allah tidak semudah apa yang kita bayangkan seperti islam yang sekarang kita rasakan saat ini, berbagai rintangan, cobaan, gangguan, cacian dan ancaman sekaligus Nyawa taruhannya.  Nabi Muhammad menjalankan dengan Ikhlas karena allah semata dengan tanpa mengeluh dan rasa takut sedikitpun dengan berbagai ancaman.

Bagaimana balasan nabi terhadap kafir Quraisy? Perilaku nabi yang penyabar, pemaaf Nabi selalu memaafkan kepada setiap orang yang menghina bahkan mendo’akan. Suatu ketika Nabi hendak pergi ke masjid berkali-kali setiap sampai jalan Nabi hendak dilempari kotoran, diludahi dan lain-lain, suatu ketika orang tersebut jatuh sakit, Nabi bertanya kepada penduduk sekitar, menanyakan kabar tentang orang yang hendak seringkali meludahi dan melempari dengan kotoran? Apa kata penduduk! Dia sedang sakit, mendengar jawaban itu selesai sholat nabi menjenguknya, nabi menjamu memberi nasihat, mendoakan kesembuhannya, kemudian orang yang sakit itu bertanya? Kenapa engkau menjenguk saya, padahal saya sering melempari kotoran ketika hendak melaksanakan sholat? Apa kata nabi, saya sudah memaafkan sebelum engkau minta maaf! Seketika itu orang tersebut langsung masuk islam karena sifat pemaafnya nabi. Begitulah salah satu cara dakwahnya nabi, penuh dengan kasih sayang, ramah, tidak pernah ketika nabi dibuat jelek nabi membalasnya dengan kejelekan.

Zaman sudah berubah

Zaman sekrang memang sudah berbeda dengan ketika zaman islam dulu, zaman dulu masih banyak peperangan karena membela islam, kalau sekarang bagaimana dengan penghinaan semacam ini? Banyak sekali expresi-expresi penolakan dengan adanya karikatur nabi Muhammad, pertama: ada yang expresinya marah bukan pada  gambarnya, tapi marah kepada orang yang mengannggap bahwa itu karikatur Nabi Muhammad, karena Nabi Muhammad tidak dapat digambar walau secanggih apapun alat itu , makanya expresi seperti ini tidak  ada tindakan apapun dalam bentuk fisik,  Kedua: expresinya marah dan harus melakukan sebuah tindakan, seperti yang telah tayang diyoutube, islam dunia memboikot produk-produk dari prancis, sehingga prancis mengalami kerugian besar, Berbagai expresi yang dilakukan itu semua benar karena maksudnya sama yaitu: tidak setuju dan menolak adanya karikatur Nabi Muhammad.

Saudaraku kita tidak boleh percaya bahwa itu karikatur Nabi Muhammad, karena sudah jelas bahwa Nabi Muhammad tidak bisa digambarkan, tetapi marahlah kita terhadap orang yang telah menyakiti kita sesame muslim  dengan menjelek-jelekan Nabi Muhammad dengan cara membuat karikatur tersebut.

Mengenai islam diindonesia

Islam di indonesai memang berbeda dengan islam di Negara-negara lain, bedanya terletak pada Budaya, kalau Indonesia itu membudayakan islam bukan mengislamkan Budaya, artinya islam masuk ke dalam Budaya yang telah ada di Indonesia, jika memasukan budaya kedalam islam secara logika tidak akan bisa, bahkan malah ditentang oleh budaya Indonesia, disinilah kenapa islam di Indonesia berbeda dengan islam-islam dinegara lain. Mengapa kemudian di Indonesia muncul istilah islam nusantara? Islam nusantara ini cara-cara wali songo dalam menyebarkan islam di tanah jawa, islam di nusantara, islam di nusantara/di Indonesia saya kira sudah sesuai dengan diutusnya Nabi yang terakhir Nabi Muhammad yaitu “Rohmatan LilAlaminn” karena islam islam tidak mengajarkan kekerasan melainkan ramah tamah, tidak ada paksaan dalam memilih untuk beragama, karena sesungguhnya agama itu mengajarkan kebaikan, ini sesuai dengan firman allah dalam QS.Alkafirun:6 yang artinya” agamamu ya agamamu dan agamaku ya agamaku, tetapi allah sudah memperingatkankan melalui firmannya dalam QS.Ali Imron:85 artinya “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” Inilah firman allah, jadi agama-agama yang dibawa oleh nabi-nabi sebelum nabi Muhammad, setelah datang islam yang dibawa nabi Muhammad, maka allah sudah memperingatkan didalam surat ali imron ayat 85.

Kenapa demikian? Karena agama-agama selain islam yang sekarang (kristen, yahudi) ini sudah tidak murni, banyak ajaran-ajarannya yang dirubah oleh kaumnya sendiri, Maka beruntunglah bagi kita semua orang-orang islam yang berada di Indonesia, khusunya bagi golongan Nahdhotul Ulama “NU” karena ajarannya mengikuti ajarannya para ulama dimana ulama ini dikatakan “ ulama adalah pewaris para nabi”  bagi muslim yang hidup di masa sekarang alangkah baiknya jangan  sok-sokan membid’ah-bid’ahkan orang, menyalah-nyalahkan islam lain,  karena kita tidak  melihat langsung bagaimana aktivitas yang dilakukan Nabi, kalau mau cari tahu ya belajarlah kepada ulama yang masih hidup dimasa sekarang, karena ulama ini benar-benar hati-hati dalam memutuskan suatu hukum atau ajaran, tidak ngawur karena mereka punya ilmu dan dasar.

Saudaraku, maka dari itu mari lembutkan hati kita, luruskan kan pikiran kita, hidupkan hati kita, kita tinggalkan ego kita dalam masalah beragama, kita ikut para ulama yang benar-benar ahli dalam bidang agama, janganlah kita merasa sok paling benar, paling suci dalam berilmu dan beramal, merasalah kita sangat jauh dari kesempurnaan, Nabi pun yang sudah dinyatakan ahli surga, tapi beliau masih tetap beribadah, berdoa kepada allah, ingat diatas langit masih ada langit, walaupun sama orang Kristen kita tidak boleh merasa bahwa dirinya lebih benar dari orang Kristen, jika ada orang seperti itu maka allah tidak akan menerima amalnya, karena didalam dirinya masih ada sifat sombong.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar