Oleh Tsania Salwa Maulida

Mahasiswi Ekonomi Syariah 2  INISNU TEMANGGUNG

 

Pasar merupakan sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Dalam kehidupan sehari-hari. Kita  selalu melakukan berbagai permintaan untuk berbagai barang dan jasa yang di butuhkan. Dalam pasar, seorang konsumen melakukan permintaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Permintaan yang dilakukan oleh konsumen adalah cara mereka untuk memperoleh kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya.

Tentu saja dalam melakukan permintaan, konsumen harus menyesuaikan dengan pendapatan yang mereka peroleh. Jika, pendapatan mereka tinggi, maka permintaan dapat dilakukan dalam jumlah yang besar, dan sebaliknya jika pendapatan mereka rendah, maka permintaan dapat dilakukan dalam jumlah yang kecil. Dalam pasar selain pendapatan, harga juga sangat mempengaruhi permintaan konsumen terhadap barang atau jasa. Semakin mahal barang atau jasa, konsumen akan mengurangi konsumsi barang atau jasa tersebut atau beralih mencari barang atau jasa yang sama meskipun dilihat dari pendapatannya konsumen masih mampu membeli barang atau jasa tersebut.

Dan sebaliknya, semakin murah harga barang atau jasa, konsumen akan loyal dalam mengkonsumsi barang atau jasa itu dan tidak akan mencari barang atau jasa yang lain. Oleh karena itu, melakukan permintaan akan barang-barang prestise mungkin baik untuk masa depan dan gengsi, tetapi sebaiknya di sesuaikan dengan pendapatan yang tersedia. Sehingga masih dapat melakukan permintaan untuk barang-barang yang lebih penting dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dalam bidang pasar yaitu harga barang, pendapatan konsumen, intensitas kebutuhan, selera konsumen, ekspektasi konsumen terhadap harga barang atau jasa, usaha-usaha produsen dalam meningkatkan penjualan (periklanan).

Dalam islam kita harus memperhatikan syariat yang mengajarkan bahwa kita tidak boleh serakah dan mengeksploitasi sesuatu secara berlebihan. Karena akan memberikan dampak buruk untuk diri kita sendiri, dan Allah SWT tidak menyukai orang-orang yang berlebihan. Tujuan islam saat melakukan permintaan tentu harus ada faedahnya dibalik permintaan tersebut  dan kita tidak boleh melakukan permintaan yang tidak begitu penting terhadap diri kita. Misalkan kita pergunakan sebagian uang untuk membeli rokok padahal dari sisi kesehatan rokok tidak memberikan dampak baik untuk tubuh, lebih baik kita membeli yang ada faedahnya seperti buah-buahan dll.

Dalam ekonomi islam permintaan di titik beratkan pada faedah, kemaslahatan atau manfaat suatu barang, sedangkan harga bukanlah tinjauan dasar dalam ekonomi islam. Pandangan ekonomi islam mengenai permintaan ini relatif sama dengan ekonomi konvensional, namun terdapat batasan-batasan dari individu untuk berperilaku ekonomi yang sesuai dengan aturan syariah. Konsep permintaan dalam islam menilai suatu komoditi tidak semuanya bisa di konsumsi maupun digunakan,dibedakan antara yang halal dan haram  yang termaktub dalam Q.S. AL-MAIDAH ayat 87-88.

Permintaan adalah suatu barang atau jasa yang diinginkan konsumen pada waktu tertentu. Misalnya pada waktu sekarang dikarenakan sedang terjadi Pandemi Covid-19, contoh permintaan barang seperti masker, hand sanitizer, dan obat-obatan untuk meningkatkan imun sangat dibutuhkan pada saat ini. Oleh karena itu harga dari barang-barang tersebut menjadi naik karena melonjaknya permintaan konsumen dan sedikitnya barang yang diproduksi.

Adapun faktor-faktor yang menjadi penyebab tersendatnya pelaku usaha mikro dalam mengelola usahanya, diantaranya adalah terbatasnya pengetahuan tentang pengelolaan usaha, utamanya terkait dengan pengelolaan keuangannya. Kita tahu bahwa jika mempunyai suatu usaha hendaknya  perlu melakukan manajemen keuangan terlebih dahulu.

Apa itu manajemen keuangan ? manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha-usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang murah dan usaha untuk mengalokasikan dana tersebut secara efisien. Pengelolaan keuangan yang baik dapat menghindarkan suatu perusahaan mengalami kegagalan usaha. Pengelolaan suatu usaha juga perlu memperhatikan fungsi manajemen keuangan guna untuk meningkatkan kualitas produknya.

Jadi, hubungan permintaan pasar sangat berpengaruh terhadap pasar, perlu diketahui sistem ekonomi sangat penting untuk kita pelajari agar kita mengetahui ada apa saja faktor-faktor di dalamnya, dan ketika suatu barang itu naik, maka permintaan akan menurun. Begitupun sebaliknya, jika barang itu turun, maka permintaan akan  meningkat.

Bagikan :

Tambahkan Komentar