Oleh Hana Rifa Saidiyah

Mahasiswi PGMI 3A STAINU Temanggung

 

Identitas Buku

Judul Buku: Filsafat Umum Zaman Now

Penulis     : Hamidulloh Ibda, M.Pd.

Penyunting  : Khamim Saifuddin, M.Pd.I

Desain Sampul    : Wahyu Egi Widayat

Penerbit  : CV. Kataba Group

ISBN : 978 – 602 – 50213 – 3 – 6

Tahun Terbit:  2018

Cetakan  : 1 ( Pertama )

Tebal Buku: 21 × 14 cm, xv + 281 Halaman

 

Dalam buku “Filsafat Umum Zaman Now” membahas mengenai apa arti dari filsafat itu sendiri, bagaimana kaitannya dengan berbagai ilmu – ilmu yang ada yang tentunya sanget relevan dengan kehidupan di zaman sekarang. Filsafat sendiri memiliki arti yang sangat mendalam. Filsafat memiliki arti cinta kebijaksanaan. Orang yang cinta kebenaran berdasarkan ilmu pengetahuan, maka secara sederhana ia sudah berfilsafat. Dari hal ini dapat dilihat bahwa filsafat itu sendiri berpengaruh terhadap ilmu – ilmu yang lain . Tentunya membahas mengenai konsep manusia itu sendiri dalam prosesnya untuk dapat mempelajari ilmu pengetahuan yang sedang diteliti dan tak terlepas juga dengan agama.

Dari zaman ke zaman perkembangan ilmu filsafat pun memiliki tahapan – tahapan, tokoh dan juga pandangan yang berbeda. Di setiap masanya akan mengalami berbagai perkembangan yang ada, tentu berkaitan dengan objek yang dikaji dalam hal tersebut. Objek yang dikaji pun tredapat dua lingkup, yaitu objek material dan objek formal. Inti dari filsafat itu sendiri adalah mengetahui dan memahami dari mana sesuatu , bagaimana sesuatu , dan untuk apa sesuatu. Seorang diri tentu harus mengetahui peran dalam setiap diri – diri tersebut berada.

Tokoh – tokoh di dalam ilmu filsafat memiliki metodologi yang membahas mengenai kajian di dalam filsafat. Dalam klasifikasi filsafat ilmu umum, dikategorikan menjadi tiga, yaitu filsafat barat, filsafat timur dan filsafat Islam. Filsafat barat biasa dipelajari secara akademis di universitas – universitas di Eropa dan daerah jajahan mereka. Filsafat timur berkembang di daerah Asia, khususnya di India, Tiongkok, dan daerah lain yang dipengaruhi budayanya. Sementara filsafat Islam merupakan medan pemikiran yang terus berkembang dan berubah. Diperlukan sebuah pendekatan historis dalam filsafat Islam ini yang tidak hanya menekankan pada studi tokoh, namun lebih kepada memahami proses dialektik pemikiran yang berkembang melalui kajian – kajian tematik atas peraoalan – persoalan di setiap zaman.

Antara filsafat dan pendidikan pun memiliki hubungan yang erat. Berpikir kritis pada dasarnya adalah sebuah proses yang membuahkan pengetahuan. Proses ini merupakan sebuah serangkaian gerak pemikiran dalam mengikuti jalan pemikiran tertentu yang akhirnya sampai pada sebuah simpulan yang berupa pengetahuan. Dengan memahami filsafat dengan baik dapat mengembangkan secara konsisten ilmu – ilmu pengetahuan yang telah dipelajari. Dengan adanya hal ini tentu filsafat memiliki kaitan penting dalam proses pendidikan.

Kelemahan :

Dalam pemaparan buku Filsafat Umum Zaman Now ini terdapat satu hal yang menurut saya sedikit merasa kebingungan dalam menelaah dan memahaminya, terkait dengan beberapa istilah – istilah yang terkadang masih sedikit sukar dalam memahami istilah tersebut.

Kelebihan :

Dalam pemaparan buku Filsafat Umum Zaman Now ini memberikan pengajaran mengenai filsafat yang sangat erat kaitannya dengan situasi zaman sekarang. Melalui buku ini kita dapat lebih membuka pola pikir kita dalam memahami suatu hal. Setiap per bagian dalam buku ini diberikan penjelasan yang sangat rinci dan detail, sehingga sangat mempengaruhi wawasan kita dalam membaca. Penataan kata dan kalimat pun tersusun dengan rapi. Dengan adanya buku ini tentu mengajarkan kita untuk memahami terlebih dahulu asal usul tentang suatu hal ketika kita ingin memahami suatu ilmu – ilmu yang tentu berkaitan dengan kehidupan kita di zaman sekarang.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar