Oleh Lia Pusparini

Mahasiswi PGMI 3A STAINU Temanggung

 

Filsafat sebagai induk dari semua ilmu atau the mother of sciences menjadi diktum urgensi yang mendasari untuk melakukan penguatan pemahaman, pendalaman dan penelitian objektif secara kontinu tentang studi filsafat. Semua perguruan tinggi, dari yang ekstrem kanan, moderat dan kiri, semua butuh filsafat. Untuk itu, penulis ingin fokus mengembangkan kajian filsafat umum sebagai salah satu bahan untuk meneliti, mengembangkan dan membongkar hal-hal baru, khususnya di era Revolusi Industri 4.0 ini. selain itu filsafat umum juga mencakup kajian tentang persoalan kesatuan, keseragaman, serta hubungan di antara segenap ilmu.

Filsafat merupakan kajian masalah umum dan mendasar tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran, dan bahasa. Filsafat menjadi cara pandang dalam mengkaji hal-hal substansial yang erat kaitannya dengan Tuhan, alam, dan manusia. Berfilsafat sangat bermanfaat bagi semua manusia, baik dalam pendidikan formal ataupun non formal. Dengan memahami filsafat secara kaffah, manusia akan memiliki bekal cara berpikir benar, logis, rasional, ilmiah, sistematis, metodologis, dan tidak berdasarkan mitos, melainkan berdasarkan fakta, ilmu dan keselarasan antara das sollen dan das sein. (hlm:7)

Filsafat memiliki bidang bahasan yang luas, yaitu segala sesuatu baik konkret atau abstrak. Sehingga, filsafat memiliki dua objek yaitu objek material dan objek formal. Objek material adalah segala sesuatu yang ada, baik yang ada dalam pikiran, ada dalam kenyataan maupun ada dalam kemugkinan. Sedangkan objek formal adalah sudut pandang yang ditujukan pada bahan dari penelitian atau pembentukan pengetahuan itu, atau sudut dari mana objek material itu disorot. (hlm:37-38)

 

Eksistensi Filsafat Dalam Menyikapi Perkembangan Zaman

 Pada saat ini globalisasi yang dikhawatirkan akan lahirnya digitalisasi yaitu Revolusi Industri 4.0 akan membawa perubahan dengan segala konsekuensinya, salah satunya resiko yang mungkin muncul berkurangnya SDM akibat otomatisasi dan robot. Sehingga Revolusi Industri mengharuskan kita memiliki bekal literasi baru, yaitu literasi data, teknologi, dan sumber daya manusia. Dan dari sinilah telihat jelas bahwa filsafat selalu relevan dalam kehidupan manusia.

Kekurangan atau Kritik

Dalam buku ini penulis menggunakan kata-kata yang cukup sulit untuk dicerna seperti penggunaan kata-kata ilmiah yang tidak terdapat keterangannya sehingga pembaca merasa kesulitan memahaminya. Dan juga desain sampul yang kirang menarik perhatian bagi pembaca.

Kelebihan dan pujian

Buku ini sangat cocok untuk mendalami atau mempelajari filsafat karena bersifat umum dan alur yang sangat baik untuk pembaca yang baru awalan mendalami filsafat. Dan juga dimana dalam buku ini pembaca diajak untuk mendalami konsep kehidupan yang ada keterkaitannya dengan ilmu filsafat. Serta juga tulisan yang sangat terlihat jelas dengan kertas yang cukup bagus.

 

Biodata Buku

Judul    : Filsafat Umum Zaman Now

Penulis : Hamidulloh Ibda, M.Pd

Penyunting: Khamim Saifuddin, M.Pd.I

Penerbit: CV. Kataba Group

ISBN: 978-602-50213-3-6

Tahun  : 2018

Cetakan: 1 (pertama)

Tebal: 21 x 14 cm. Xv + 281 Halaman

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar