Banyumas, TABAYUNA.com - Memeriahkan Hari Lahir Nahdlatul Ulama ke-95, Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas menggelar sosialisasi vaksinasi sinovac covid-19 bagi kepala sekolah/madrasah, guru, tenaga kependidikan di bawah naungan LP Ma’arif, dan untuk masyarakat luas, Sabtu (30/1/2021).


Bupati Banyumas bertindak sebagai pembicara kunci (keynote speaker) yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Banyumas, Ir. Didi Rudwianto, SH., M.Si pada webinar yang mengusung tema Vaksinasi untuk Indonesia Sehat dan Generasi Unggul.


Dalam sambutannya, Didi meminta agar para guru untuk ikut mensosialisasikan program vaksinasi covid-19. Ikut mendukung memberikan pemahaman tentang manfaat vaksin sinovac yang sudah dinyatakan suci dan halal.


“Mohon dukungan dari kepala sekolah/madrasah dan semua guru dalam program vaksinasi ini. Dibutuhkan kerjasama dari seluruh kalangan, termasuk dari guru LP Ma’arif untuk meneruskan informasi ini kepada masyarakat,” pintanya.


Didi menjelaskan, proses vaknisasi di Banyumas dilakukan secara bertahap dari tenaga kesehatan, tenaga pelayanan umum, TNI, Polri, tenaga pendidik, dan masyarakat. Dia berharap covid-19 ini menjadi madrasah kehidupan yang banyak mengandung pelajaran dan pengalaman hidup.


“Jadikan kondisi darurat covid-19 ini sebagai madrasah kehidupan. Sebab di dalam madrasah kehidupan terdapat ilmu dan hikmah yang sangat berharga,” harapnya.


Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Prof. Dr. Fauzi, M.Ag menyampaikan, melihat perkembangan penanganan covid-19, LP Ma’arif berinisiatif untuk memberikan pemahaman terkait vaksin sinovac kepada para guru. Setelah para guru memahami tentang vaksin, diharapkan dapat meneruskan informasi vaksinasi kepada masyarakat.


Menurutnya, di tengah masyarakat sekarang ini muncul beberapa persepsi yang mempertanyakan tentang keamanan penggunaan vaksin. Melihat hal ini, lanjut Fauzi, LP Ma’arif perlu berkontribusi memberikan edukasi kepada guru dan masyarakat.


“LP Ma’arif memandang perlu untuk memberikan edukasi tentang vaksin kepada masyarakat, terutama kepada para guru. Sekaligus untuk refleksi peringatan hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke-95 di masa pandemi ini,” terangnya.


Fauzi menambahkan, sosialisasi yang dilaksanakan melalui webinar ini mengundang dua narasumber yaitu Sadiyanto, S.KM., M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dan dr. Indah Rahmawati Sp.P., Ketua Tim Ahli Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Banyumas sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Acara dipandu oleh Dr. Ani Widosari, M.Pd, pengurus cabang LP Ma’arif.


“Acara ini sekaligus untuk memeriahkan peringatan hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke-95 dengan isu aktual kekinian tentang vaksinasi. LP Ma’arif memiliki lebih dari 3 ribu guru yang siap mensukseskan program pemerintah melalui vaksinasi sinovac covid-19,” pungkas Wakil Rektor I IAIN Purwokerto tersebut. (Tb55/Musmuallim).

Bagikan :

Tambahkan Komentar