TABAYUNA.com
-Buku ini hadir dari penelitian Tindakan Kepengawasan bertajuk “Peningkatan Kinerja Guru MI Dalam Melaksanakan Penilaian Berbasis Kelas Melalui Supervisi Klinis Pengawas di MI Binaan Wilayah Kemenag Kec. Jumo Kab. Temanggung”. Tujuan dilakukan penelitian tindakan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam penetapan angka kredit bagi jabatan fungsional pengawas.

Secara konseptual, supervisi klinis merupakan supervisi yang fokus pada perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, melalui siklus yang sistematis mulai dari tahap perencanaan, pengamatan dan analisis yang intesif terhadap penampilan pembelajarannya dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Dengan adanya supervisi klinis, pembelajaran menjadi maksimal dan tentu bertujuan pada peningkatan mutu pendidikan.

Seperti diketahui, bahwa sejak Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional diterapkan memang membawa implikasi terhadap model dan teknik penilaian yang dilaksanakan di kelas. Untuk menghasilkan tamatan yang mempunyai kemampuan utuh seperti diharapkan pada kurikulum tingkat satuan pendidikan, peserta didik diharapkan menguasai kompetensi yang ditetapkan. Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan pengembangan pembelajaran / pelatihan kompetensi secara sistematis dan terpadu, agar peserta didik dapat menguasai setiap kompetensi secara tuntas.

Maka dalam buku ini, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembinaan pengawas melalui supervisi klinis meningkatkan kinerja guru MI dalam melaksanakan penilaian berbasis kelas. Dalam buku hasil penelitian tindakan kepengawasan (PTKp) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru  dengan mencapai standar ideal.Dari 64,41 % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 76,17  %  pada siklus II, dan siklus ke III  86,76  %.

Dari temuan di lapangan, dalam buku ini dilaporkan hasil penelitian tindakan yang menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi klinis pengawas  dapat meningkatkan kinerja  guru dalam melaksanakan penilaian berbasis kelas dengan ketuntasan mencapai 100  %.

Dalam penulisan buku ini, penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian penulisan penelitian tindakan kepengawasan ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih yang setulus tulusnya dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung,    Ketua Pokjawas Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Temanggung, rekan rekan Pengawas Kabupaten Temanggung, rekan guru MI di Binaan Kabupaten Temanggung, penerbit dan editor buku.

Penulis menyadari, apa yang disajikan dalam buku  ini tentunya masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat dihargai. Demi perbaikan tugas tugas di masa yang akan datang. Demikian semoga buku hasil penelitian tindakan kepengawasan ini bermanfaat bagi pembaca.  Amin.

Berikut biodata buku:

Judul: Supervisi Klinis: Studi Peningkatan Kinerja Guru MI dalam Penilaian Berbasis Kelas

Penulis:  Drs. H. Nur Makhsun, M.S.I.

ISBN: 978-623-6769-08-9

Cetakan: I, September 2020

Tebal: 14 x 21 cm, ix  + 75  Halaman

Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara

Email : pilarnusapress@gmail.com

Harga: Rp 50.000 (Belum Ongkir)

HP: 0812-2518-3113

Bagikan :

Tambahkan Komentar