Oleh Koes Probowati

Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Instiut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung

Seseorang dalam menjalani kehidupan di dunia berdasarkan qadar atau takdir yang Allah berikan, termasuk  rezeki salah satunya. Jodoh, maut, rezeki dan apakah termasuk orang yang bahagia atau sengsara merupakan sebuah teka-teki dalam setiap kehidupan manusia yang telah ada sejak manusia diciptakan. Seseorang bisa menjadi sangat lemah ketika menghadapi Tuhan Yang Maha Kuasa karena seseorang tidak bisa menentukan ketentuan dan besaran rezekinya untuk itu dalam memperolehnya senantiasa bersandar kepada Allah SWT sebagai hakikat pemilik dan pemberi rezeki agar ia membukakakan pintu-pintu rezeki-nya. Manusia memang tidak bisa mengubah takdir yang telah ada namun manusia ditutut untuk berusaha dan bertawakal kepada Allah SWT.

Rezeki secara umum adalah segala sesuatu dari Allah SWT yang bermanfaat dan yang dihalalkan berupa uang, makanan, dan pasangan yang membawa pada ketentraman. Tidak lupa nikmat sehat, pendengaran dan pengelihatan juga merupakan rezeki bahkan keturunan yang salah dan salehah. Rezeki juga termasuk segala pemberian Allah untuk memelihara kehidupan. Rezeki juga tidak mungkin salah alamat semuanya telah diatur oleh Allah SWT namun demikian sebagai manusia dituntut untuk tidak bermalas-malasan dan pasrah. Namun seseorang sering lalai degan pekerjaan untuk memperoleh rezeki, pada dasarnya pekerjaan dan harta yang baik adalah pekerjaan yang berfedah bagi orang lain dan berada di jalan Allah.

Sedekah membuktikan pengimplikasian rumus bahwa memberi sama arti dengan menambah. Dengan bersedekah maka akan membukakan pintu rezeki yang luas. Allah tidak pernah ingkar janji walaupun bersedekah sekecil apapun pasti akan dibalas oleh-Nya. Sedekah mampu meliapatgandakan rezeki sampai dengan 700 kali. Sesuai dengan janji yang pernah Allah berikan tedapat dalam QS. Al-Baqarah : 261, yaitu perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang mengeluarkan nafkahnya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah akan melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha luas (karunianya) dan lagi maha mengatur. Terdapat banyak sekali manfaat dari bersedekah dan pasti bersedekah itu tidak akan mengurangi rezeki yang diberikan, berikut manfaat dari bersedakah yang akan membawa pengaruh keberlimpatan rezeki :

Pertama, dengan sedekah maka derajat manusia dapat terangkat dengan bersedekah maka niscaya derajat seseorang akan diangkat oleh Allah. Orang-orang yang sering bersedekah akan mendapatkan sebuah keberkahan akan rezekinya dan selalu merasa cukup. Allah juga akan memberikan kemulyaan kepada hambanya yang maha pemaaf dan untuk hamba yang bertawadhu karena Allah maka akan diangkat derajatnya

Kedua, akan disediakan pintu surga khusus terdapat banyak pintu surga yang akan Allah bukakan sesuai dengan amalan-amalan yang diperbuat. Seseorang yang ahli dalam bersedekah maka akan masuk surga melalui pintu sedekah dengan dosa-dosa yang akan dihapus dan dijaga dari api neraka .

Ketiga, dapat mempermudah mencari rezeki yang halal dengan bersedekah maka akan membantu mengingat akan penagwasan Allah, maka dari itu akan membantu untuk mengumpulkan rezeki yang halal. Dengan perolehan rezeki yang halal maka akan membantu seseorang untuk mensyukuri anugrah yang diberikan oleh Allah.

Keempat, harta yang disedekahkan akan kekal Allah akan menyimpah harta yang seseorang sedekahkan dan dari sedekah tersebut Allah juga akan mengembangkan menjad lebih banyak hingga terlihat seperti gunung.

Mengelola harta memanglah tidak mudah, harta bisa saja mendatangkan keberuntungan namun tidak jarang harta juga menghasilkan kerugian. Islam mengajarkan tentang tata cara pengelolahan harta dan salah satunya dengan cara bersedekah. Harta yang disedakahkan merupakan harta yang sebenarnya karena akan kekal sampai alam baka. Karena sesungguhnya harta yang ada ditangan berupa titipan Allah. Terdapat banyak hadits dan ayat-ayat Al-Qur’an yang menerangkan keuntungan sedekah. Dengan sedekah maka akan mendekatkan kita kepada Allah SWT. Dengan dekat kepada Allah maka akan menjamin terjaganya rezeki dan harta yang dimiliki oleh setiap seseorang.

Bagikan :

Tambahkan Komentar