Temanggung, TABAYUNA.com - Dinas kesehatan Kabupaten Temanggung mengadakan Bimbingan Teknis "Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Pangan Industri Rumah Tanggan (PIRT)", yang dilaksanakan pada Senin (28/06/2021) sampai Selasa (29/06/2021).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan UMKM masyarakat Kabupaten Temanggung, yang dihadiri oleh pengusaha yang ada di kabupatem Temanggung, salah satunya adalah mahasiswa dari Prodi PGMI INISNU Temanggung. Acara bimbingan teknis ini berlangsung di rumah makan Omah Kebon.

Acara dibuka oleh bapak Dr.Suparjo, M.Kes selaku kepala dinas kesehatan kabupaten Temanggung. "Dalam keadaan pandemi seperti ini, hal yang paling terpuruk adalah ekonomi. Sehingga acara bimbingan teknis keamanaan usaha PIRT ini sangat diperlukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Temanggung", tutur Suparjo.

Produk dari UMKM yang diikutkan pada kali ini berupa, kopi, serena, roti kering, madu, sirup, kalduku, serta makanan ringan lainnya. Dalam acara ini, mahasiswa PGMI INISNU dan peserta lainnya mendapatkan ilmi berkaitan dengan keamanan pangan, salah satunya berkaitan dengan pelabelan pangan sesuai dengan ketentuan.

"Produk makanan yang benar, tidak hanya rasanya yang enak, baunya yang wangi, kemasan yang bagus, akan tetapi yang aman bagi kesehatan konsumen" papar dari Fitria selaku narasumber

Acara bimbingan teknis ini sudah dinantikan oleh pelaku UMKM, "Bimbingan teknis ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan UMKM masyarakat Temanggung, khususnya bagi mahasiswa PGMI INISNU Temanggung sebagai awal merintis usaha mikro" jelas Noni salah satu peserta dari PGMI INISNU Temanggung

Besar harapan setelah acara ini pelaku UMKM bisa memasarkan produknya kepada masyarakat, sehingga perekonomian masyarakat Temanggung bisa meningkat. Serta memperbaiki kualitas dari masyarakat Kabupaten Temanggung.

Liputan : Ririn Widiastuti

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar