Oleh Nur Khotimah

Mahasiswa Prodi PGMI Institut Nahlatul Ulama Temanggung 

               

Bimbingan konseling terdiri dari 2 kata yaitu bimbingan dan konseling. Bimbingan yang berarti membimbing atau memberikan bantuan kepada seseorang . dan konseling yang berarati hubungan seseorang yang dilaukan kepada 2 pihak dengan melakukan tatap muka.maka bimbingan konseling dapat diartikan sebagai proses interaksi antara 2 pihak secara langsung dalam rangka membantu sesseorang yang mengalami kesulitan.

 

Bimbingan konseling sangatlah penting jika diterapkan di sekolah dasar agar dapat membantu peserta didik yang mengalami kesulitan.peserta didik di sekolah dasar pastinya sudah memiliki masalah tetapi anak cenderung malu dan takut untuk menceritaan kepada gurunya.maka dengan adanya bimbingan konseling ini anak difasilitasi oleh pembimbing agar dapat membantu dalam menyelesaikan masalah atau kesulitan yang sedang ia hadapi.

 

Peserta didik pastinya memerlukan bimbingan bukan hanya pembelajaran saja yang mereka dapatkan.maka peran guru sangatlah penting didalam bimbingan konseling ini karena guru mempunyai banyak waktu bersama peserta didik sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana tumbung kembangnya peserta didiknya.dan guru harus dapat mengetahui tentang pola bimbingan monseling di sekolah.agar peserta didik dapat tumbuh berkembang secara optimal dilingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

 

Bimbingan konseling ini perlu diselengarakan di sekolah dasar agar dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kebiasaan belajaragar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.maka guru harus dapat memberikan pelayanan yang baik kepada peserta didiknya yang mengalami kesulitan belajar maupun kesulitan diluar pembelajaran.

 

Bimbingan konseling juga dapat membantu peserta didik dalam perkembangan kehidupan pribadinya di dalam kehidupan sosial masyarakat.jadi bimbingan konseling ini harus dapat memberikan atau memfasilitasi sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh peserta didik.pentingnya peran bimbingan konseling pada sekolah dasar kita dapat memahami individu setiap peserta didik serta menyelesaikan masalah-masalahnya.

 

Bimbingan konseling dilaksanakan dengan tujuan dapat memberkan pertolongan/bantuan kepada seseorang.layanan bimbingan konseling harus dapat memberkan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengenal dan menangulangi kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.serta dapat mengebangkan kemampuan,merencanakan,memahami dan mengarahkan dirnya sesuai dengan keadaannya.

 

Program bimbingan konseling yang diadakan di sekolah dasar haruslah berpusat kepada peserta didik.dan pembimbing harus dapat mengormati serta menjaga rahasia/informasi peserta didik yang dibimbingnya.dan peserta didik yang dibimbing harus terbuka kepada pembimbing agar pembimbing dapat membantunya sesuai dengan harapan peserta didik.

               

 

Pembimbing harus sesegera mungkin menangani masalah yang dihadapi oleh peserta didik agar masalah yang dialami oleh peserta didik segera terselesaikan.pembimbing diharapkan menjadi motivator untuk merangsang dan memberikan dorongan kepada peserta didik untuk dapat menumbuhkan aktivitas dan kreativitas peserta didik sehingga akan terjadi kemajuan didalam proses belajar mengajar.

Guru harus dapat membimbing dan mengarahkan  kegiatan kegiatan  belajar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar