Oleh Annas khoiruzzaman

Mahasiswa INISNU Temanggung 

Ekonomi merupakan sebuah fondasi untuk berlangsunya kehidupan di suatu negara, ketika suatu perekonomian negara itu maju maka masyarakat indonesia sendiri memiliki jaminan hidup yang layak dan sejahtera untuk kelangsungan hudup masyarakat di suatu negara tersebut. Dan sebaliknya jika perekonomi di suatu negara mengalami penurunan maka akan mengurangi tingkat kenyamanan masyarakat dan menimbulkan suatu kesenjangan ekonomi yang berubah menjadi kesenjangan sosial.

Perekonomian di indonesia seringkali mengalami ketidak setabilan, terlebih lagi pada satu tahun terahir ini indonesia bahkan dunia sedang dilanda oleh sebuah wabah virus, dimana hal ini tentu saja sangat mempengaruhi semua hal di sebuah negara termasuk dalam sektor perekonomian atau ekonomi suatu negara tersebut. Hal ini begitu sangat merugikan bagi suatu negara karena sektor-sektor yang terdapat di dalamnya juga akan terkena imbas dari itu, seperti dalam sektor ekonomi yang begitu terlihat.

Walau negara itu sedang mengalami suatu problematika perekonomian pada satu tahun terakhir ini, tetapi perekonomian di indonesia masih bisa berjalan walau sedikit terhambat. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan rumahan ataupun pribadi di indonesia ini tentunya sangat dibutuhkan sebagai suatu penopang perekonomian. Tentunya dari negara sendiri pun akan siap membantu membuat trobosan agar perekonomian di indonesia ini dapat berjalan dengan stabil di masa-masa sekarang sampai seterusnya.

Problem perekonomian di indonesia tidak hanya timbul karena sekarang sedang terjadi wabah dan itu yang mengakibatkan ekonomi di indonesia melemah. Tidak hanya itu saja, permasalahan perekonomian di indonesia sebelum adanya wabah tentunya juga ada dan itu belum sempat terselesaikan seperti kemiskinan, penganguran, kurangnya daya beli, kualitas (SDM) yang kurang memadai, pemelolaan hutang dan yang lainnya. Indonesia dinilai memiliki modal dan potensi yang lebih dari cukup untuk mengatasi masalah ini. Indonesia adalah negara besar dengan potensi ekonomi yang berlimpah Untuk mewujudkan Indonesia sebagai Negara yang maju.

Ekonomi indonesia merupakan salah satu kekuatan ekonomi berkembang utama dunia yang terbesar di Asia Tenggara. Walaupun indonesia masih menyandang status sebagai negara berkembang namun perekonomian di indonesia dapat dibilang sedikit lebih maju karena dalam sektor ekonomi indonesia terdapat berbagai keragaman produk ekonomi nasional, entah itu perusahaan tekstil, minyak, batubara dll. Selain itu  (UMKM) di indonesia sudah semakin besar dan hal ini juga dapat sebagai sebuah tolak ukur bahwa perekonomian di indonesia sedikit demi sedikit mengalami peningkatan.

Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun mengatakan bahwasanya salahsatu tumpuan ekonomi nasional adalah majunya (UMKM). Dengan kata lain, Usaha kecil memiliki peranan penting dalam suatu perekonomian negara. kegiatan usaha mikro kecil dan menengah atau yang disebut (UMKM) tentunya sudah menyebar luas dan semakin maju di indonesia sekarang ini, Selain sebagai penopang ekonomi nasional, kegiatan tersebut dapat juga sebagai penambah lapangan kerja baru sehingga mengurangi presentase penganguran di indonesia ini.

Dengan adanya berbagai kegiatan usaha tersebut diharapkan akan terus dapat berkembang sehingga produk-produk tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas bahkan sampai bisa ekspor ke luar negara. Usaha mikro kecil menengah tentunya di indonesia sangat didukung oleh pemerintahan, sebab sangat berpengaruh terhadap kemajuan perekonomian suatu negara.

Macam produk yang di produksi pun sangat beragam, dari makanan, minuman, pakaian, peralatan-peralatan, kerajinan tangan dan masih banyak lagi. Dalam era sekarang ini mungkin produk (UMKM) termasuk salah satu jalan untuk perbaikan ekonomi di indonesia. Maka dari itu yang dibutuhkan seorang wirausaha merupakan sebuah trobosan dalam mengeluarkan produk yang dapat menarik minat masyarakat untuk dapat membeli produk mereka, dengan kata lain semakin banyak (UMKM) yang berdiri maka angka penganguran juga akan mengalami penyusutan dan tingkat kesenjanganpun berkurang.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci dalam memajukan Indonesia dan dapat menjadi percepatan pembangunan dalam bidang ekonom. Dengan melihat begitu banyak permasalahan yang dilihat dalam perekonomian nasional ini, tentunya indonesia tidak baik-baik saja dan butuh suatu pembaharuah agar masyarakatnya lebih produktif lagi dengan cara melakukan suatu peningkatan sumber daya manusia yang ada di indonesia, dengan itu akan masyarakatnya akan lebih produktif. (UMKM) pun akan lebih maju dalam menjalankan usahanya dengan kata lain maka perekonomian nasional sedikit-sedikit akan mengalami kenaikan. 

Nantinya dengan semakin banyaknya kegiatan perusahaan serta lapangan kerja, maka akan mengurangi juga tingginya angka penganguran. Memberikan kesempatan kepada masyarakat agar dapat menyalurkan keahliannya di berbagai bidang sehinga dapat berkembang serta juga dapat membantu masyarakat dari jurang kemiskinan. Terlihat usaha sekecil apapun jika itu dilakukan dengan sunguh-sunguh dan mendapat dukungan dari pemerintah, maka tidak mungkin indonesia akan terus mengalami penurunan ekonomi nasional, justru akan dapat membangun (SDM) yang berkualitas untuk kemajuan negara.

Bagikan :

Tambahkan Komentar