Temanggung, TABAYUNA.com – Pada Sabtu, 28 Agustus 2021, mahasiswa prodi ekonomi Syariah INISNU Temanggung mengadakan seminar proposal skripsi.  Sebelum meraih jenjang dan mendapatkan sebuah ijazah strata 1 mahasiswa melalui beberapa tahapan ujian yang harus dilalui. Seminar proposal skripsi kali ini di pandu langsung oleh Kaprodi ekonomi syariah INISNU Temanggung Amin Nasrullah Lc. M.Ek, Sekretaris prodi Fatmawati Sungkawaningrum M.S.I. dan dosen penguji Drs. Muh Abdul Munjid M.S.I.

Dalam kesempatan ini, mahasiswa semester VII mempresentasikan makalah dan di diskusikan kemudian dikritisi yang bertujuan untuk melatih agar dapat berkomunikasi dengan cara yang mengedukasi.

Peserta seminar menyiapkan power point untuk makalahnya, sekaligus melatih kemampuan berbicara di depan audiens yang dapat di mungkinkan nantinya dapat berkembang dalam public speaking sebagai salah satu cara untuk merealisasikan keilmuan Ekonomi Syariah di kehidupan Masyarakat.

Di lihat dari pemaparan masing masing mahasiswa mulai dari sesi tanya jawab dari para dosen sampai dengan hasil akhir kelulusan seminar para mahasiswa prodi ekonomi syariah peduli dan respon pada kehidupan ekonomi disekitarnya.

Misalnya mahasiswa menulis tentang seluk beluk pertanian di Temanggung Raya termasuk cara bertransaksi dalam menjual hasil panen, pemilihan produk halal di masyarakat. Dalam bertransaksi hasil pertanian di Temanggung Raya dan sekitarnya masih di temukan bahwa mereka belum sepenuhnya bertransaski dengan secara syariah. Untuk merubah kultur yang telah berlangsung secara menggenerasi tersebut bukanlah perkara sederhana.

Berdasarkan kajian transaksi tersebut yang mendasari para mahasiswa untuk di angkat dalam bentuk penelitian skripsi. Diharapkan dengan telah di munculkannya dalam bentuk Skripsi akan ada perubahan yang bisa membawa ekonomi masyarakat ke arah perubahan yang lebih baik. Acara yang bersifat kajian Ilmiah akan terus di adakan oleh prodi ekonomi syariah INISNU Temanggung dengan tujuan meningkatkan kwalitas edukasi, pengetahuan yang bersifat sustainable yang berkelanjutan. Sudah menjadi tugas kalangan akademik untuk selalu mengadakan penelitian khususnya dalam aktifitas perekonomian di masyarakat agar lebih mempunyai daya beli sehingga alur produksi juga akan dapat berjalan dengan baik. Diharapkan sebagai bagian dari anggota masyarakat akan dapat menjadi duta ekonomi dan juga duta ilmu khususnya ilmu Ekonomi Syariah. Fatma

Bagikan :

Tambahkan Komentar