Temanggung, Tabayuna.com - Bertempat di Kampus 1 Akper Alkautsar NU  Maron Temanggung sejak tanggal 2-5 Juli 2021 diadakan Pelatihan wound care bagi para Mahasiswa aangkatan 2 dan 3. Pelatihan yang diikuti oleh 27 mahasiswa ini merupakan agenda rutin Akper Alkautsar Temanggung yang ditujukan untuk mahasiswa semester akhir.

Menurut Parmilah selaku Koordinator acara, kegiatan pelatihan wound care merupakan pelatihan perawatan luka dengan metode modern dressing yang bekerjasama dengan WO Care Centre Bogor. “ Pelatihan ini bertujuan  pencapaian visi  Akper Alkautsar yaitu menjadi institusi penghasil tenaga vokasi keperawatan yeng memiliki keunggulan dalam perawatan luka.” Menurutnya.

“ Selain itu  pelatihan ini juga dalam rangka Melaksanakan program sertifikasi dengan sertifikat pendamping ijazah yaitu sertifikat  Certified Wound Care Clinician Associate “ demikian tandasnya.

Sementara itu Nur Makhsun selaku Ketua Yaptinu ketika memberikan sambutan dalam pembukaan kegiatan itu mengharapkan agar para mahasiswa dapat mengikuti kegiatan itu sampai selesai. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membekali lulusan dengan keahlian perawatan luka modern yang akan meningkatkan daya serap lulusan di bursa tenaga kerja vokasi keperawatan. 

“  Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan lulusan untuk menjadi tenaga vokasi yang mampu menciptakan lapangan kerja dengan praktik perawatan luka modern dan dapat membantu gerakan “STOP AMPUTASI” pada pasien diabetes melitus yang mengalami luka kronik.” Katanya 

Dalam sambutannya Direktur Utama Wo Care Center Bogor,   Ns Devi Syahputra, S.Kep. MARS.MBA. WOC(ET)N menyampaikan bahwa pelatihan ini menggunakan metode online dua hari dan offline dua hari. Materinya meliputi pre test, Penyampaian Materi, ujian praktik manajemen luka, manajemen luka secara nyata pada pasien dengan luka kronik  dan post test. (*)

Bagikan :

Tambahkan Komentar