Oleh Lia Pusparini

Mahasiswi Inisnu Temanggung

Email : liapusparini2804@gmail.com

 

Dalam era milinial seperti yang kita alami saat ini, tentunya akan ada sebuah hal yang baru dan harus menjadi inovasi-inovasi baru yang harus kita kembangkan, terutama dalam dunia Pendidikan. Permasalah ekonomi dan kerusakan lingkungan saat ini pu masih sering terjadi, sehingga harus adanya bimbingan serta arahan yang tepat terhadap masyarakat. Terutama dalam hal ini kita akan membahas mengenai arahan bimbingan karir yang tepat terhadap anak didik sekolah dasar, yangmana dengan menerapkan pemanfaatan lingkungan setempat yang dapat dijadikan sebuah pembelajaran karir.

Permasalahan saat ini, banyak sekali keluhan tentang dampak pandemi covid-19 yang berakibat terhadap kurangnya efektifitas dan Pendidikan yang harus diterapkan terhadap anak, hal ini juga dituliskan dalam sebuah jurnal yang berjudul “The Implementation of School Literacy Movement in Elementary School” yang berisi bahwa, saat ini didalam ranah dunia Pendidikan khususnya sekolah dasar Pendidikan literasi terhadap pentingnya merawat lingkungan dan alam sekitar. Sehingga tidak jarang ditemui adanya sampah berserakan dan kerusakan lingkungan lainnya.

Sebagai generasi penerus bangsa, terutama anak peserta didik sekolah dasar harus sudah mengetahui pentingya dampak kerusakan lingkungan, dan harus tau cara menanggulangi adanya kerusakan lingkungan. Namun, hal tersebut tentunya tidak akan pernah terlepas dari peran seorang guru yang harus memberikan pengertian, pengarahan dan bimbingannya. Terutama seorang guru BK di sekolah dasar yang harus mulai mengajarkan pembinaan karir terhadap anak sekolah dasar.

Sumber daya alam sendiri merupakan segala sesuatu yang dapat diambil manfaatnya karena dapat bermanfaat sebagai pemenuhan kebutuhan manusia. Selain itu, sumber daya alam juga dapat digunakan untuk tempat tinggal manusia. Sehingga dari sini dapat kita lihat bahwa dimanapun tempatnya manusia itu tinggal, maka aka nada sumber daya disekitar kita yang dapat kita manfaatkan, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan hidup dan penunjang kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Setelah mengetahui banyaknya sumber daya alam yang ada di sekitar kita, sehingga hal tersebut menjadikan factor pendorong bagi sebuah instansi sekolah dasar untuk berkewajiban mengembangkan dan menanamkan skill karir kepada peserta didiknya. Seperti halnya jika di daerah pesisir pantai, maka siswa diajak untuk membuat kerajinan-kerajinan dari kerang, atau kerajinan lainnya yang menggunakan bahan dasar yang terdapat di lingkungan tersebut.

Selain itu menurut hasil analisis dan tinjauan pustaka yang salah satunya berjudul “Eksploitasi Kreatifitas Anak Bersama Sekolah Pantai” yangmana kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan di pesisir pantai pacer kabupaten pacitan, jawa timur. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiiatan yang positif dan harus selalu dikembangkan, karenaa kegiatan ini memiliki tujuan yaitu untuk mengajak anak-anak terutama di sekolah dasar untuk mengurangi penggunaah HP, sehingga permasalahan kurangnya interaksi antar teman sebaya karena adanya penggunaan HP ini dapat terminimalisir sejak dini. Selain itu kegiatan ini juga mampu menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan yang tinggi terhadap anak serta memberikan pengetahuan terkait pentingnya menjaga kesehatan.

Dilihat dari beberapa manfaat-manfaat yang sangat membangun terhadap kemajuan edukasi dan keterampilan siswa sehingga kegiatan seperti itu haruslah menjadi sebuah program yang harus ada dalam setiap sekolah dasar karena seperti kita ketahui sendiri bahwasannya pengembangan karir ini merupakan sebuah perkembangan yang akan dialami oleh setiap orang sebagai sebuah proses dan tolak ukur dalam keberhasilan pengembangan karir. Sedangkan karir sendiri merupakan sebuah proses yang harus dilakukan secara bertahap dengan sebuah proses yang berkembang antara setiap tahapannya. Sedangkan keberhasilan seseorang dalam memenuhi sebuah tugas perkembangan menuju tahap yang lebih tinggi maka hal tersebut menjadi tolak ukur seseorang dapat dikatakan pemperoleh kesuksesan.

Sehingga marilah kita sebagai orang tua dan pendidik untuk senantiasa mengajarkan pembinaan karir sejak dini mulai dari tingkat sekolah dasar untuk mengasah mental dan kreatifitas anak dalam mengontrol emosi, mengembangkan sumber daya yang ada dan menjaga lingkungan disekitarnya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar