Oleh Yumna Furoiah 

Mahasiswi Inisnu Temanggung

Beberapa waktu yang lalu Inisnu Temanggung melaksanakan kegiatan LKMTA atau Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Akhir. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa akhir yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan bertajuk “Dari kepemimpinan kompetitif menuju kolaboratif untuk pemimpin kini dan masa depan” yang diisi oleh pemateri yang ahli dibidangnya.

Seperti diantaranya yang di isi oleh M.Ulfi Fadli,S.Pd sebagai alumni Fakultas Tarbiyah Keguruan Inisnu Temanggung, Faiq Syauqi,S.Ikom sebagai Master Control Room Temanggung TV dan Hery Setiawan, S.Sos sebagai General Manager KSPPS Anugerah Parakan yang dilaksanakan pada 25 Mei 2022 di Gedung Aula Inisnu Temanggung.

Dalam kegiatan ini membahas beberapa materi mengenai pentingnya berorganisasi, peluang dan tantangan hingga mengenai kebermanfaatan terhadap sesama. Akan tetapi tidak semua materi akan diuraikan di sini, dalam tulisan ini akan lebih membahas topik mengenai pentingnya mengikuti organisasi. 

Organisasi sendiri  dapat dikatakan sebagai suatu wadah yang digunakan sebagai tempat bertukar pikiran, menggapai tujuan yang sama hingga menjadi tempat untuk berkumpul orang-orang baik masyarakat, mahasiswa atau lain sebagainya. Bagi mahasiswa sendiri keikutsertaan dalam organisasi memiliki berbagai tanggapan yang beragam, baik dan kurang baik. Sebagian mahasiswa menjadikan organisasi sebagai suatu hal yang cukup membebankan, melelahkan, membuang waktu dan tak berguna. Sebaliknya, justru melalui pengalaman berorganisasi inilah akan didapatkan pengalaman yang dinilai baik yang diharapkan dapat membentuk karakter mahasiswa menjadi lebih arif serta menambah wawasan diluar dari wawasan akademik. 

Dari pemateri pertama yang akan kita uraikan lebih lanjut yaitu disampaikan oleh M.Ulfi Fadli,S.Pd. Berikut beberapa poin yang dapat digunakan sebagai cara dalam peningkatan kualitas diri melalui keikutsertaan organisasi.

Dalam keikutsertaan organisasi hal yang pertama pasti kita rasakan ialah bertemu dengan banyak orang dengan berbagai macam karakter yang dimilikinya. Dari hal itulah kita dapat beberapa manfaat yang akan kita peroleh seperti terbangunya relasi dan jaringan networking yang akan bermanfaat baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Poin selanjutnya yaitu mengembangnya kemampuan public speaking, dimana biasanya kemampuan ini muncul dari terbiasanya menyampaikan pendapat didalam forum diskusi atau rapat organisasi. Melalui rapat atau forum diskusi juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir rasional dan kritis terhadap suatu masalah atau konflik yang sedang menjadi perbincangan. Dari gal ini, juga merembet pada menambahnya wawasan yang kita ketahui.

Selanjutnya, keikutsertaan dalam berorganisasi dapat belajar memanajemen waktu. Dalam berorganisasi pastinya banyak kegiatan-kegiatan yang padat dan menyita waktu. Sehingga secara tidak langsung kita akan dituntut untuk dapat belajar mengatur waktu yang ada agar tidak bertabrakan dengan kegiatan penting lainnya.

Kemudian manfaaat yang selanjutnya adalah untuk melatih jiwa kepemimpinan. Baik dalam memimpin diri sendiri maupun orang lain. Karena dalam jiwa kepemimpinan belajar untuk bertanggung jawab dengan perbuatannya maupun dengan orang lain, mengurangi ego, mengurai konflik antar anggota serta terampil dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang berorientasi pada kepentingan Bersama.

Dari uraian di atas dapat kita ketahui bahwa dalam mengikuti suatu organisasi memiliki berbagai manfaat yang berguna dalam peningkatan kualitas diri. Namun perlu diketahui, bahwa peningkatan kualitas diri bukan hanya melalui organisasi semata, tetapi masih terdapat berbagai usaha yang lain.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar