Oleh : Azka Mufaroh

Pemasaran adalah suatu kegiatan ekonomi yang merupakan lanjutan dari proses produksi dan segala macam tingkatannya. Dalam kegiatan ini sering kali banyak hal yang membuat pemasaran sukses maupun gagal. Hal itu memang tidak bisa dipungkiri adanya. Mengingat banyak sekali latar belakang yang membuat semua kegiatan ekonomi selalu ada kendala di dalamnya. Nah oleh karena itu banyak sekali strategi pemasaran yang wajib diketahui oleh pembisnis agar kegiatan pemasaran ini sukses dilakukan.

Beberapa strategi pemasaran yang baik di antaranya :

Kenali pelanggan dengan baik

Melakukan promosi yang tepat

Bangun tempat usaha yang strategis

Membuat anggaran sistematis

Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Buatlah toko online sendiri

Menjalin bisnis dengan pihak lain

Meminta bantuan influenzer untuk mempromosikan produk.

Dari pemaparan tersebut telah jelas adanya Strategi pemasaran produk yang pertama adalah kenali pelanggan dengan detail. Karena dialah yang menjadi target atau sasaran penjualan produk Anda. jika tidak mengenalinya, bisa jadi produk yang ditawarkan tidak akan disukai. Jangan lupa untuk promosi produk dengan konten-konten yang kreatif. Minimal bisa memicu munculnya daya tarik pembeli pada produk yang ditawarkan.

Selain itu jika ingin memasarkan offline pilih tempat menjalankan usaha yang strategis. Minimal area yang ramai atau di ruang yang mudah diakses publik. Tempat semacam ini berpotensi memberikan keuntungan dibandingkan di tempat yang sepi. Strategi lain yang dapat digunakan adalah pelayanan yang baik . Hal ini dilakukan dengan mengakomodasi semua saran dan kritik dari konsumen. Yakinlah diri kalau produk yang dibuat tidak sempurna. Sehingga kritik dan saran dari pelanggan adalah nutrisi untuk menutupi ketidaksempurnaan itu.

Dalam pemasaran tidak lah lepas dari marketing mix (bauran pemasaran) Sesuai dengan pernyataan menurut Kotler, bauran pemasaran adalah strategi yang terdiri dari empat elemen utama yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Yang pertama adalah Produk (Product) Salah satu elemen marketing mix adalah produk. Produk merupakan suatu barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada pelanggan. Pastikan Anda mengetahui kebutuhan target pasar dengan baik. Yang kedua adalah Harga (Price) Unsur marketing mix 4P yang kedua adalah price atau harga. Setelah menentukan produk yang akan Anda jual, tentukan harga yang sesuai.

Yang ketiga Tempat (Place) Demi menentukan unsur yang satu ini, Anda perlu mengetahui betul pada tempat apa pasar yang dituju berbelanja. Tidak harus bangunan fisik, place bisa berupa media sosial atau digital lainnya. Dan yang keempat adalah Promosi (Promotion) Proses promosi sudah pasti tidak akan lepas dari pemasaran produk. Lagi-lagi, untuk menentukannya Anda perlu mengetahui betul target pasar yang disasar.Penentuannya bisa berdasarkan kualitas dan kerumitan proses produksi.

Pada zaman sekarang membangun toko online untuk menjual lebih banyak barang yang di produksi adalah hal biasa. Dengan membuka toko online sendiri, bisnis Anda akan dikenal siapapun di seluruh dunia tanpa batasan jarak dan waktu. Selain itu hal menunjang lainnya adalah Anda harus memiliki akun di media sosial. Misal akun di FB, Twitter, WA, Instagram dan lain sebagainya. Memang strategi ini tidak mudah dalam melakukannya tetapi jika kita tlaten semuanya akan terlewati dengan mudah tanpa ada rasa kesusahan sedikitpun.

Mencoba memang harus selalu dilakukan demi bisnis kita semakin maju dan tidak adanya kegagalan. Dalam berbisnis kegiatan pemasaran merubakan bagian penting bahkan utama mengapa? Karena melalui kegiatan pemasaran ini seorang produsen dapat mengukur seberapa besar keberhasilan bisnis yang telah dilakukannya. Memang banyak sekali kendala dalam berbisnis tetapi hal itu tidaklah menjadi masalah apabila produk yang kita sediakan benar benar bagus keadaannya dan memuaskan. Selain itu produk yang ada tidak mengecewakan konsumen ketika mereka telah membeli produk yang telah kita buat.

-Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah INISNU Temanggung

Bagikan :

Tambahkan Komentar