Oleh Uli Nikmah

Mahasiswa INISNU Temanggung

nikmahuli99@gmail.com

 

Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan-kelebihan di satu bidang , sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu untuk pencapaian. Seseorang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri, akan dibawa kemana seorang diri tergantung pada dirinya sendiri jika baik maka hasilnya akan baik akan tetapi jika tidak maka sebaliknya.

Rasulullah SAW bersabda: setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya. Seorang kepala negara adalah pemimpin atas rakyatnya dan akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin atas anggota keluarganya dan akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang isteri adalah pemimpin atas rumah tangga dan anak-anaknya dan akan ditanya perihal tanggungjawabnya. Seorang pembantu rumah tangga adalah bertugas memelihara barang milik majikannya dan akan ditanya atas pertanggung jawabannya. Dan kamu sekalian pemimpin dan akan ditanya atas pertanggungjawabannya (HR. Muslim).

Banyak sekali orang yang tak sadar bahwa dirinya adalah seorang pemimpin sehingga mereka tidak peduli atas dirinya. Seperti halnya para remaja yang ngamen di bagjo maupun anak pank mereka tidak bisa mengendalikan diri atas kepemimpinannya. Andai saja mereka tau bahwa dirinya adalah pemimpin tentu mereka akan meperlakukan dirinya dengan baik dan akan menjada nama baiknya.

Tanggung jawab bukanlah hal mudah untuk dijalankan banyak para pemimpin yang koruptor padahal mereka tau kalau hal itu dilarang dan tentu akan dipertanggung jawabkan kelak. Tanggung jawab terhadap pkerjaan lebih sulit dibandingkan tanggung jawab terhadap diri sendiri. Bagaimana tidak, banyak orang tidak disiplin waktu dalam pekerjaannya bahkan mereka memakan gaji buta. Kalau kita telusuri dan kita sadari rejeki tidak akan pernah tertukar meskipun cara orang mendapatkan rejeki bisa di copas akan tetapi hasil tidak bisa di paste

 

 

 

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar