Oleh: Nur Khotimah

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung

 

           

Pemimpin dan kepemimpinan  merupakan suatu kesatuan kata yang tidak dapat dipisahkan secara struktural maupun fungsional.pemimpin adalah orang yang memimpin kelompok dua orang atau lebih, baik organisasi maupun keluarga. Sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mengendalikan, memimpin, mempengaruhi fikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Didalam kehidupan kita sehari-hari kepemimpinan dipandang sangatlah penting karena  adanya kepemimpinan di dalam kehidupan sehari-hari akan dapat mengubah suatu kinerja di dalam suatu unit yang ada kepemimpinan nya. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwasanya faktor yang mempengaruhi suatu organisasi dapat berjalan dengan apa yang di cita-citakan yaitu adalah kepemimpinan, karena suatu tindakan yang dilakukan akan mencangkup proses kepemimpinan pada setiap jenjang suatu organisasi.

Kepemimpinan merupakan suatu kemamapuan yang sudah melekat pada diri seseorang yang memimpin suatu lembaga atau organisasi yang dia pimpin tergantung pada faktornya bagaimana seorang pemimpin itu sendiri akan dapat membangkitkan loyalitas rekan kerjanya, serta bagaimana cara dia memberikan saran serta nasehat dari suatu permasalahan yang ada. Seseorang akan sukses menjadi pemimpin bila sejak lahirnya dia telah memiliki bakat-bakat kepemimpinan, dan bakat-bakat ini sempat dikembangkan melalui pengalaman dan usaha pendidikan juga sesuai dengan tuntutan lingkungan/ekologisnya.

Menjadi pemimpin yang baik juga harus memiliki sifat dalam menjalankan suatu kepemimpinan nya. Yakni:

Jujur, jadi seorang pemimpin harus mempunyai sifat jujur agar dapat dipercaya oleh banyak orang yang di pimpin,

Penyampai, jadi seorang pemimpin harus mampu menyampaikan apa yang menjadi suatu pembahasan,

3.Bertanggung jawab, menjadi seorang pemimpin juga harus memiliki sifat tanggung jawab karena seorang pemimpin harus mampu menjalankan tugasnya dan bertanggung jawab atas kepemimpinan nya.

Cerdas, menjadi seorang pemimpin tidak hanya cukup bertanggung jawab dalam kepemimpinan nya tetapi juga harus memiliki sifat cerdas agar dia mampu membuat suatu perencanaan, visi, misi, strategi dan mengimplementasikannya.

Kepemimpinan yang baik untuk dapat mengelola dan mengatur organisasi untuk mencapai tujuan-tujuannya sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan. Pemimpin dalam sebuah organisasi memiliki peranan penting dalam mengarahkan dan mempengaruhi para bawahannya agar mencapai tujuannya sesuai dengan visi dan misinya. Fungsi penting kepemimpinan adalah menuju keberhasilan sebuah organisasi sesuai dengan visi dan misi. Pemimpin perlu menjelaskan visi dan pekerjaan yang harus dilakukan karyawan untuk mencapainya.

Pemimpin yang baik dapat membimbing anggota tim dalam tindakan yang mereka lakukan merupakan contoh kepemimpinan yang baik dalam mewujudkan keberhasilan suatu organisasi dengan memberikan bimbingan, tujuan dan membantu orang lain memahami strategi jangka panjang dan tujuan bisnis. Pentingnya kepemimpinan dalam masyarakat juga tidak boleh diremehkan karena akan membawa kesuksesan jangka panjang dengan semangat kerja yang tinggi.

"Sebaik-baik pemimpin diantara kalian ialah pemimpin yang kalian cintai dan mencintai kalian, kalian mendo’akannya dan merekapun mendo’akan kalian, dan seburuk buruknya pemimpin diantara kalian ialah pemimpin yang kalian benci dan membenci kalian, kalian melaknatnya dan mereka pun melaknat kalian”.(HR Muslim dari ‘Auf bin Malik)

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar