Oleh Annas Khoiruzzaman

Mahasiswa INISNU Temanggung 

Kreativitas akan mendorong inovasi yang menciptakan nilai tambah lebih tinggi, dan pada saat yang bersamaan ramah lingkungan serta menguatkan citra dan  identitas daerah. Ekonomi kreatif pada saat sekarang ini sangat di unggulkan di kalangan masyarakat baik desa maupun perkotaan, banyak yang mengatakan bahwasanya pengembangan ekonomi ini dapat memajukan kesejahteraan masyarakat. Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang memadukan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide, gagasan dan pengetahuan dari sumberdaya manusia sebagai faktor produksi. Tentunya dengan mengembangkan ide, kreativitas yang digunakan sebagai produksi utama maka akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada juga.

Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuaan ilmu dan teknologi dan penerapannya, untnuk perbaikan produk dan kreatifitas produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar, dapat di lihat dengan jelas bahwasanya sekarang ini banyak sekali permintaan di masyarakat dan butuh suatu hal-hal yang menarik. Maka dari itu dalam sektor ekonomi kreatif perlu adanya pendampingan dari pemerintah agar dapat dikembangkan se maksimal mungkin.

Di masa sekarang mungkin sudah banyak usaha-usaha yang bidangnya di ekonomi kreatif, hal ini menimbulkan suatu persaingan ataupun juga perlombaan dimana ketika perusahaan atau pemilik usaha menawarkan suatu produk yang kreatif, misal kerajinan bambu maka perusahaan lain mau tidak mau akan juga ikut bersain dan bahkan bisa dijadikan sebagai partner dalam berbisnis bidang ekonomi kreatif. Banyak sekali ide, gagasan yang muncul dalam bidang usaha dimana persaingan juga akan terus berlanjut, tetapi ketika dalam proses usaha ekonomi kreatif atau usaha apapun itu tentunya butuh suatu strategi pemasaran atau penawaran dan pengembangannya.

Strategi pengembangan sumber daya manusia merupakan suatu tehnik atau cara mengenai bagaimana kualitas SDM mampu berkembang ke arah yang lebih baik dan meningkat kemampuan kerjanya, serta memiliki loyalitas yang baik terhadap usaha yang sedang dijalankannya. Strategi pengembangan sumber daya manusia pada dasarnya tidak hanya dapat dilakukan melalui pendidikan dan pengembangan keterampilan namun juga terdaapat berbagai cara maupun strategi dalam pengembanganya, diantaranya seperti Melakukan pelatihan kepada masyarakat umum, dalam sektor pendidikan maka pengajar sebaiknya memberikan materi yang berlatar belakang kekreatifan individu, selanjutnya ada pembinaan terhadap masyarakat dan bisa memberikan pengertian mengenai apa yang dapat mereka lakukan tapi bisa dijadikan sebagai usaha mereka. Diharapkan dengan pemberdayaan sumber daya manusia yang baik maka tentunya alan juga meningkatkan kualitas manusianya itu sendiri, tidak haanya itu ketika SDM itu tersedia atau memadai maka kegiatan ekonomi kreatif mestinya juga akan meningkat dan itu akan menimbulkan peluang kerja bagi masyarakat di sekitar.

Dalam pengembangan sumber daya manusia ada beberapa perencanaan yang baik dan bisa dilakukan untuk membangun SDM yang berkualitas, diantarannya Menentukan dan mengembangkan sasaran, serta prioritas sumber daya manusia yang diperlukan dalam bidang apa. Yang kedua Membuat kebijaka program sosialisasi hingga trelaksananya program pengembangannya. Hal ini berfungsi untuk membenahi dan menambah pengetahuan serta rasa percaya diri untuk mengeksplor fikiran mereka mengenai berbagai hal.

          

Dalam metode pengembangan sumber daya manusia yang dapat dilakukan seperti memberikan kesempatan kepada setiap individu atau masyarakat untuk menyelurkan ide dan gagasan pribadi mereka masing-masing, karena perlu adanya mereka mengeksplor sebuah pemikiran dan bisa mencoba apa yang telah ia ketahui. Selanjutnya mengadakan program-program pelatihan seperti pelatihan membuat kerajinan, menjahit, melukis dan masih banyak lagi hal-hal kreatif yang dapat dilakukanSetelah itu diadakan tindak lanjut agar bisa melatih skill pada setiap individu di masyarakat.

 

Tentunya hal seperti itu berguna sekali terhadap masyarakat guna peningkatan SDM untuk guna pengembangan dalam sektor ekonomi kreatif agar tetap berkembang.

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar