Temanggung, TABAYUNA.com
- Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung menggelar kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru tahun 2022 yang secara resmi dibuka pada Senin (12/09/2022) oleh Wakil Rektor I Hamidulloh Ibda saat apel pembukaan ditandai dengan pemukulan gong. Kegiatan ini akan berakhir besuk Kamis (15/9/2022).


Saat sesi panel Wakil Rektor I, II, dan III, Hamidulloh Ibda menyampaikan kepada mahasiswa baru untuk serius dalam perkuliahan. Pihaknya menjelaskan semua regulasi dan pedoman terkait Bidang Akademik dan Kemahasiswaan termasuk rekognisi dan pilihan mahasiswa dalam menyusun tugas akhir.


"Sejak tahun 2021 kemarin, kami membuat pedoman penyusunan tugas akhir ada dua, yaitu tugas akhir skripsi dan nonskripsi. Tinggal pilih. Anda bisa lulus tanpa sarjana tanpa harus menulis skripsi," tutur Ibda.


Pihaknya menjabarkan beberapa macam tugas akhir nonskripsi. "Pertama, artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi Sinta 1-3. Mahasiswa wajib menjadi penulis pertama, sedangkan dosen pembimbing penulis dua dan tiga," kata dia.


Kedua, katanya, adalah buku. "Buku ini ada dua jenis, yaitu buku ilmiah hasil riset dan karya sastra. Semua konten buku harus sesuai dengan profil lulusan Prodi, mendapatkan ISBN dan Hak Cipta dan disahkan oleh Dekan," lanjut Pjs Direktur Utama LPPL Temanggung TV tersebut.


Ketiga, adalah karya desain, teknologi, seni atau arsitektur. "Kalau semacam ini cukup mendapatkan Hak Cipta atau Hak Paten, kemudian menulis artikel yang berisi profil karya desain itu misalnya aplikasi media pembelajaran, nanti bisa mengganti skripsi," kata dia.


Terakhir adalah kejuaraan tingkat nasional dan internasional minimal Juara 1 2 3 bidang bakat, minat, penalaran, seni, olahraga dan lainnya. "Namun catatannya harus mendukung profil lulusan Prodi dan disahkan Dekan melalui Surat Keputusan agar bisa menggantikan tugas akhir skripsi," lanjut Ibda.


Usai penyampaian materi dari Warek I, materi berikutnya dilanjutkan oleh Warek II dan Warek II sesuai bidangnya masing-masing di hadapan ratusan peserta PBAK di aula INISNU Temanggung. (*)

Bagikan :

Tambahkan Komentar