Oleh Indah kurnia Sari

Prodi PGMI INISNU Temanggung

 

Biodata Buku

Judul     : Membangun Paradigma Keilmuan Ketupat Keilmuan integrasi – kolaborasi , Colaboration of science,takatuful ulum ,kolaborasi ilmu

Penulis  : Hamidulloh Ibda

Editor    : Khamim Saifuddin dan Moh.Syafi’i

ISBN     : 978-623-96062-0-6

Cetakan : 1,Januari 2021

Tebal     : 14x21 cm,xix + 202 Halaman

Penerbit : YAPTINU Temanggung

 

Dalam kehidupan sehari-hari ilmu merupakan aspek penting untuk melakukan semua kegiatan. Dalam hal ini kita memerlukan model atau pandangan untuk mengarahkan wawasan yang luas melalui proses keilmuan atau yang disebut dengan paradigma keilmuan.

 

ISI

 

Dalam buku ini  dijelaskan bahwa paradigma keilmuan itu sangat penting bagi kehidupan untuk memecahkan masalah masalah ilmiah dan lain sebagainya.

Dalam buku ini disusun 4 bab dengan pembahasan masing-masing bab. Yang pertama ada judul dan gambar ketupat ilmu yang di lanjutkan dengan beberapa prakata.

Bab pertama yaitu pendahuluan yang membahas mengenai konsep paradigma .

Bab kedua membahas model-model paradigma keilmuan PTKI. Paradigma keilmuan yang di kembangkan beberapa PTKI di Indonesia perlu dikaji tujuannya agar kita dapat melihat,menganalisis,dan mencari titik kelebihan dan kekurangan dari masing –masing model yang mereka terapkan. ( Halaman 39)

Bab ketiga mengkaji sejarah ketupat ilmu dan makna fiosofi.

Bab terakhir mengkaji tentang implementasi paradigma keilmuan seperti strategi.

Usaha kolaborasi keilmuan,takatufl ulum,anyama ilmu dalam lambang ketupat ilmu berusaha mengintegrasi – mengolaborasi agama / ilmu- ilmu dengan imu-ilmu umum dilakukan degan kerja akademik yang lumayan panjang.(Halaman 133)

 

 

Kelebihan :

Kelebihan dari buku ini adalah mudah di pahami isinya, setiap kata asing ada penjelasannya.

 

Kekurangan :

Kekurangan dari buku ini adalah gambar dari buku ini tidak berwarna. Seperti penjelasan-penjelasan di buku ini.  

Bagikan :

Tambahkan Komentar