Oleh Khansa Aisyatul Nabilla

Mahasiswa prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

INISNU Temanggung

 

Biodata Buku :

Judul              : Membangun Paradigma Keilmuan Integrasi - Kolaborasi

Penulisan       : Hamidulloh Ibda M.Pd

Penerbit         : YAPTINU Temanggung

Halaman       : 202 halaman

Tahun Terbit  : 2021

ISBN              : 978-623-96062-0-6

Halaman      : xix + 202 halaman

Ukuran         : 14 cm x 21 cm

 

Sinopsis Buku

Paradigma keilmuan pada intinya menjadi sebuah pandangan perguruan tinggi dalam menentukan berbagai macam kegiatan akademik maupun non akademik. Berbagai model paradigma keilmuan di perguruan tinggi sydak dikaji mendalam dalam buku ini sehingga INISNU Temanggung memiliki distingsi yang bisa disebut sebagai model paradigma keilmuan yang benar-benar baru, geniue, dan meniliki novelty menarik karena mengolaborasikan antara agama dan ilmu pengetahuan.

Ketupat Ilmu mengacu kepada model paradigma keilmuan integrase-kolaborasi dengan skema anyaman ilmu, collaboration of science, takafatul ulum, yang intinya menggerakkan bersamaan atau bergerak ganda (double movement) antara agama dengan ilmu pengetahuan. Proses ini juga merupakan hasil riset, FGD, uji pakar, serta diseminasi dengan berbagai forum.

Dari hasil kerja ilmiah yang dilakukan dengan proses pengendapan dan pendalaman itulah, paradigma keilmuan Ketupat Ilmu menjadi bagian dari ikhtiar memajukan INISNU Temanggung. Distingsi paradigm keilmuan ini dapat dihindari dari cara menganyamnya, mengolaboraikan, menggerakkan secara bersamaan antara agama dan ilmu 

Isi Buku

Buku ini terdiri dari 4 bab,yang pada setiap babnya memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya.Dari mulai konsep hingga implementasinya.Dalam pendahuluan pun juga dijelaskan begitu jelas sehingga pembaca dapat memahami terlebih dahulu apa itu paradigma kelimuan. Ketika masuk dalam pembahasan ,pembaca dapat memahaminya dengan mudah.Tak lupa juga didalam buku ini disertakan rincian model paradigma diberbagai PTKI diIndonesia.

BAB I Mengkaji mengenai pengertian paradigma secara bahasa KBBI V,secara istilah,dan menurut Thomas S.Kuhn.Pembahasan bab ini,pembaca akan diajak mengetahui pentingnya paradigma keilmuan dalammembangun dan mengembangkan perguruan tinggi,relasi,model ilmunisasi-integrasi,serta urgensi

BAB II Membahas model-model paradigma keilmuan PTKI diIndonesia yang masih perlu dikaji lebih dalam.Karena tujuannya agar kita dapat mencari dan menganalisis titik kelebihan dan kekurangan masing-masing model yang ditetapkan disetiap PTKI.Beberapa UIN di Indonesia sudah meluaskan mandatnya dengan tidak mengembangkan ilmu islam saja tetapi juga mempelajari ilmu lain seperti ilmu alam dan kemanusiaan.

BAB III Menjelaskan tentang konsep dasar paradigma keilmuan integrasi-kolaborasi (collaboration of science/Takatufur Ulum/kolaborasi ilmu).Pembaca akan diajak mengetahui paradigma keilmuan INISNU TEMANGGUNG yang bermetafora 'ketupat ilmu' dari mulai sejarah,landasan,model,integrasi-kolaborasi,hingga apa makna ketupat ilmu itu sendiri.

BAB IV Membahas implementasi paradigma keilmuan integrasi-kolaborasi dalam visi,misi,tujuan,kurikulum,budaya organisasi,serta dalam budaya budaya akademik.Dalam mewujudkan paradigma ketupat ilmu dan mengimplementasikannya,dibutuhkan sebuah metode atau strategi yang diharapkan dapat mencapai paradigma ketupat ilmu sampai tataran implementatif.

Kelebihan

buku ini menyajikan pembahasan yang bersifat detail dari bab per bab sehingga pembaca mengetahui alur yang ada didalam buku sehingga layak dibaca oleh kalangan mahasiswa hingga akademisi.Dari segi cover sangat menarik,hal ini dpaat dilihat dari perpaduan warna yang didominasi warna cerha sehingga meningkatkan gairah pembaca dalam buku ini.Terdapat gambar yang memudahkan pembaca dalam mengetahui maksut dalam pembahasan.Terdapat glosarium yang mempermudah pembaca mengetahui arti kata sulit yang ada didalam buku.

Kekurangan

Terdapat beberapa bait kata yang didalamnya mengandung kata yang kurang jelas sehingga menyulitkan pembaca dalam memahami maksud dari kata tersebut

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar