Oleh Iis Narahmalia

Biodata Artikel
Judul : Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0
Jurnal: Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE)
Edisi: Vol 1 Edisi 1 Tahun 2018 
Penulis: Hamidulloh Ibda
Url: http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/view/1064

DESKRIPSI:

Artikel ini membahas tentang tantangan dan peluang pendidikan dasar Islam di era revolusi industri 4.0 melalui penguatan litearsi batru yang harus dimiliki oleh guru pendidikan Islam sebagai kunci perubahan, revitalisasi berbasiis kurikulum yang berbasis literasi dan penguatan peran guru yang menguasai kemampuan digital.
 

INTERPRETASI :

Dalam menjawab era Revolusi Industri 4.0, lembaga pendidikan dasar Islam tidak cukup menerapkan literasi lama (membaca, menulis, berhitung), tetapi harus menerapkan literasi baru (literasi data, literasi teknologi dan literasi sumber daya manusia atau humanisme). Menurut Belawati (2019;1515-16) pembelajaran daring yang diterapkan melalui perkembangan teknologi berupa internet itu menjadi bentuk pengembangan dari formulasi teknologi yang terus mengalami revolusi hingga sampai di era revolusi industri 4.0. Dalam bukunya N. Haji menyampaikan dalam menjawab era revolusi industri 4.0 Lemabaga pendidikan harus melakukan penyuntingan dan mengutakan literasi baru agar mampu mengubah cara beraktifitas manusia.

EVALUASI:

Saya sependapat dengan artikel ini. Untuk menuju pendidikan yang lebih melek literasi tidak hanya mengembangakan literasi lama saja namun dengan penguasaan literasi baru yang dikuasai oleh guru sebagai peran awal dalam pengembanan sebuah pendidikan tentunya akan menularkan benih-benih yang berkualitas kepada peserta ddik di masa yang akan datang.

REKOMENDASI :

Penelitian yang mengkaji peran guru sebagai agent of change dengan menjadikan literasi baru untuk lebih melek teknologi khususunya di tinggat pendidikan dasar. Saya menyarankan untuk dilengkapai dengan rencana tindak lanjut yang langsung mampu bisa diaplikasikan dalam ranah proses pendidikan sekolah dasar. Untuk pengkajian lebih lanjut dapat dilakukan perbandingan atau dinamikan peran guru dalam penguasaan literasi lama dan baru dalam menunjang kemajuan pendidikan dasar di era revolusi 4.0 serta kedepanya.
 


Bagikan :

Tambahkan Komentar