Temanggung, TABAYUNA.com - INISNU Temanggung melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada mahasiswa semester 7 dengan tema besar “Cegah Stunting Pada Anak”. Kegiatan KKN tersebut dilaksanakan sejak tanggal 5 Desember 2022 sampai dengan tanggal 14 Januari 2022. Lokasi untuk KKN sendiri berada di Kecamatan Bansari dan Kecamatan Gemawang. Kegiatan ini terbagi menjadi 2 tahap, yaitu 10 hari pertama untuk observasi dan 30 hari kemudian untuk mukim di lokasi KKN masing-masing. 


Penerjunan KKN INISNU untuk mukim di lokasi masing-masing serentak dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Desember 2022. Termasuk juga kelompok Purborejo 2, yang bertempat di Desa Purborejo, Kecamatan Bansari. Kelompok KKN Purborejo 2 menempati 3 dusun, yaitu Dusun Prupuk Lor, Dusun Pesingan, dan Dusun Cepit. Pada saat penerjunan, mahasiswa KKN didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) masing- masing untuk dipasrahkan kepada tuan rumah yang akan ditinggali. Untuk kelompok Purborejo 2 didampingi oleh ibu Faizah, M.Pd. serta bapak Muhammad Iqbal Chailani, M.Pd. 

Mahasiswa KKN Purborejo 2 putri bertempat tinggal di Dusun Pesingan. Sedangkan mahasiswa putra bertempat tinggal di Dusun Prupuk Kidul. Di Dusun Pesingan, mahasiswa KKN putri menempati rumah bapak lurah, dan mahasiswa putra menempati rumah bapak bayan Prupuk Kidul. Keadaan dusun yang ditempati terlihat asri, serta rumah yang ditinggali pun sangat nyaman.

Saat sudah bermukim, mahasiswa KKN Purborejo 2 terjun langsung ke masyarakat. Mahasiswa sudah mulai mengikuti kegiatan warga masing-masing, seperti yasinan, perkumpulan pemuda, perkumpulan PKK, mengajar mengaji di TPQ, dan kegiatan yang lainnya. Setiap mahasiswa juga diminta untuk membuat program kerja individu yang akan dilaksanakan di dusun masing-masing. Program Program tersebut berupa pendampingan terhadap komunitas tertentu yang akan menjadi sasaran. Program kerja yang direncanakan, disesuaikan dengan keadaan dan masalah yang dihadapi oleh masing-masing dusun. Setelah proposal KKN diterima dan disahkan, mahasiswa bisa melaksanakan program kerja individu
yang telah disusun. Dengan harapan, mahasiswa dapat melaksanakan tugas pengabdian
berupa KKN ini dengan baik, dan setiap program yang telah dibentuk dapat berjalan dengan
lancar. (Tb44/Risanah).

Bagikan :

Tambahkan Komentar