Temanggung, TABAYUNA.com - Di Dusun Prupuk Lor memiliki satu TPQ yang berada di rumah salah satu warga yaitu rumah pak Arif. Di TPQ tersebut memiliki kurang lebih 30 anak, yang terdiri dari anak usia TK sampai dengan SD dan untuk tingkat SMP, SMA itu sangat jarang. Sebetulnya pemilik TPQ tersebut sudah diarahkan untuk melakukan pembelajaran di dalam masjid tetapi beliau merasa canggung atau tidak enak hati ketika anak-anak bergurau di dalam majid. Sedangkan, ada yang melaksanakan sholat maka dari itu pak Arif memilih untuk tetap melaksanakan pembelajaran di rumahnya.

Pembelajaran di TPQ pak Arif hanya mencakup pembelajaran dasar seperti belajar turutan dan membaca Alquran. Untuk pembelajaran fiqih dan tajwid belum berjalan karena anak-anak takut akan setoran hafalan. Mahasiswa KKN INISNU kelompok Purborejo 2 berinisiatif untuk mengabdikan diri untuk membantu mengajar dan menghidupkan kembali materi yang belum terealisasi.

Mahasiswa KKN INISNU juga berkunjung kerumah pak Kaum Desa Purborejo beliau sangat mendukung keterlibatan mahasiswa INISNU dalam kegiatan bermasyarakat agar kemistri antara masyarakat Desa Purborejo dengan KKN ini dapat terjalin dengan baik.

Dari kegiatan menyambangi TPQ sekaligus menjalin silaturahmi antara mahasiswa KKN INISNU dengan pengasuh TPQ juga ingin merangkul masyarakat agar lebih mengatahui akan pentingnya ilmu agama. Dan pembentukan karakter sejak usia dini.

Butuh adanya inovasi dan kreasi dari mahasiswa KKN INISNU untuk mengembangkan materi-materi tadi menjadi lebih menarik serta menyenangkan bagi anak-anak. Materi yang tidak membosankan untuk dipelajari dan sangat bermanfaat untuk bekal di kemudian hari. (tb44/Risanah).

Bagikan :

Tambahkan Komentar